Welcome to Our Website

Berbagai Cara Mudah Untuk Cek Tagihan Listrik

4 Cara Cepat Mengecek Tagihan Listrik Pascabayar Tanpa Harus Datang ke  Kantor PLN

Penting bagi kita untuk mengetahui cara cek tagihan listrik. Dengan begitu, kamu dapat mengontrol biaya tagihan listrik pada setiap bulannya. Tak hanya itu, langkah ini juga bertujuan agar kamu bisa lebih hemat listrik.

Nah, untuk mempersingkat waktu mari kita langsung saja ke pembahasan intinya mengenai cara mengecek tagihan listrik dengan mudah.

  1. Cara Cek Tagihan Listrik Melalui Aplikasi PLN Mobile

Untuk Pengguna iOS

Apakah kamu termasuk salah satu pengguna produk Apple? Jika iya, terdapat beberapa aplikasi di App Store yang bisa kamu manfaatkan untuk mengecek tagihan listrik secara online. Ya, salah satu aplikasi tersebut bernama PLN Mobile.

Sesuai dengan namanya, PLN Mobile ini merupakan aplikasi resmi milik PT PLN yang dapat memudahkan masyarakat untuk mengecek tagihan listrik.

Bukan hanya itu, bahkan aplikasi PLN Mobile juga bisa kamu gunakan untuk mengecek riwayat KWH listrik, transaksi token listrik, info lokasi pembayaran melalui baking, dan masih banyak lagi. Adapun mengenai cara mengecek tagihan listrik melalui aplikasi PLN Mobile seperti berikut:

  • Pertama-tama silahkan download aplikasi PLN Mobile di app store, kemudian buka aplikasinya
  • Setelah itu pilih menu “informasi” yang ada di tab menu
  • Lalu pilih menu “Informasi Tagihan dan Token Listrik“
  • Jika sudah demikian, masukkan nomor ID kamu atau nomor meteran listriknya
  • Kemudian klik tombol “Cari” dan tunggu beberapa saat
  • Dengan begitu, secara otomatis aplikasinya akan memperlihatkan status tagihan listrik beserta jumlah tagihan listrik yang harus kamu bayarkan.

Untuk Pengguna Android

Tak hanya pengguna iOS, aplikasi PLN Mobile juga berlaku bagi mereka yang menggunakan android. Menariknya lagi, justru aplikasi pengecek tagihan listrik yang tersedia di android lebih banyak ketimbang di iOS lho. Untuk cara penggunaannya seperti berikut:

  • Download aplikasi PLN Mobile di play store, buka aplikasinya lalu pilih menu “Informasi” pada tab menu
  • Kemudian klik menu “Informasi Tagihan dan Token Listrik“, masukkan nomor ID atau meteran listrik kamu
  • Klik tombol “Cari“, tunggu beberapa saat, nantinya akan muncul status tagihan listrik beserta jumlah tagihan listrik yang harus kamu bayarkan.
  1. Cara Cek Tagihan Listrik Melalui Email PLN

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengecek tagihan listrik dengan mudah, yakni melalui email. Guna mendapatkan email berupa e-billing yang berisikan tagihan listrik, maka kamu harus mendaftar terlebih dulu di e-billing PLN.

Awalnya pendaftaran e-billing PLN tersebut bisa langsung di websitenya. Namun, sekarang terdapat perubahan antarmuka laman resmi PLN sehingga kamu dapat menanyakan hal ini melalui alamat email [email protected]

Atau, kamu juga bisa menanyakannya melalui akun media sosial resmi PT PLN seperti Twitter @pln_123, dan Facebook PLN 123.

  1. Cara Cek Tagihan Listrik Melalui Telepon

Mengecek tagihan listrik melalui cara yang satu ini dinilai lebih mudah ketimbang cara diatas tadi lho. Bagaimana tidak? sebab kamu hanya tinggal menghubungi customer service PLN kemudian langsung menanyakan seputar biaya tagihan listrik.

Mengenai caranya, silahkan lakukan panggilan ke call centre PLN di 123 kemudian cantumkan kode area daerahmu (misalkan Bandung, maka kode teleponnya adalah 022).

Jika sudah demikian, kamu pun hanya perlu mengikuti petunjuk dari operator untuk melakukan panggilan ke call centre PLN. Namun, cara mengecek tagihan listrik melalui telepon akan dikenai tarif telepon normal.