Belajar Saham Dari Nol Sampai Bisa

Beberapa orang menghubungi saya dan mengatakan mereka ingin belajar investasi saham dari nol. Kebanyakan dari mereka mengeluh tidak tahu harus mulai dari mana karena tidak tahu apapun tentang saham. Itu sebabnya, saya menulis artikel ini untuk membantu Anda yang ingin belajar saham tahap demi tahap dari 0. Setelah mengikuti jalur pembelajaran yang diuraikan di sini, Anda diharapkan mampu memahami dan menguasai perdagangan saham.

Saya juga belajar tentang saham dari dasar. Semuanya otodidak (belajar sendiri). Anda lebih beruntung karena Anda tidak perlu belajar sendiri. Saya akan menjelaskan cara tercepat untuk mempelajari investasi saham.

 

1. Cari Beragam Informasi Untuk Mengetahui Investasi Saham

Pertama, Anda perlu mengetahui apa itu saham, mengapa Anda harus membelinya, bagaimana cara membelinya, software apa yang digunakan, dan sebagainya. Informasi ini bisa Anda cari melalui ebook, blog saham, kursus gratis maupun berbayar, dan seminar-seminar.

2. Membuka Akun Saham

Belajar saham itu layaknya belajar berenang. Anda tidak akan pernah menjadi perenang tangguh di dalam air tanpa “nyemplung” ke dalam air. Anda harus membuka rekening saham di salah satu pialang saham sebelum Anda dapat membeli dan menjual saham.

3. Praktekkan Dengan Melakukan Transaksi Saham

Setelah selesai membuat rekening saham, setorkan uang sesuai dengan peraturan sekuritas. Usahakan membeli saham sedikit saja, misalnya 1 lot (100 saham). Setelah itu, Anda dapat menyimpan saham atau mencoba menjualnya. Di sini Anda akan melatih cara menggunakan perangkat lunak dan mempelajari berbagai aturan perdagangan saham. Hanya saja, jangan berdagang terlalu besar sampai Anda merasa nyaman berdagang saham.

4. Memilih Menjadi Investor Atau Trader

Jika ingin terjun ke dunia saham, ada dua pilihan, yaitu menjadi investor atau trader. Keduanya berbeda. Keduanya memiliki karakteristik dan dasar ilmu yang berbeda. Investor membeli saham dan menyimpannya untuk jangka panjang. Sedangkan trader membeli dan menjual saham dalam waktu singkat dengan memanfaatkan fluktuasi harga saham. Pemula dan orang yang sibuk disarankan untuk menjadi investor saham.

5. Belajar Ilmu Saham

Jika Anda ingin menjadi investor saham, mempelajari Analisis Fundamental adalah ide yang bagus. Di sini Anda akan belajar menganalisis situasi ekonomi dan kesehatan keuangan suatu perusahaan. Sementara itu, jika Anda ingin menjadi trader saham, sebaiknya pelajari analisis teknikal. Pada analisis teknikal, Anda akan mempelajari bagaimana menganalisis grafik harga saham untuk menentukan kapan harus masuk dan keluar dari pasar.

6. Pelajari Lebih Lanjut

Mempelajari Analisis Fundamental atau Analisis Teknis saja tidak cukup untuk menjamin kesuksesan Anda di dunia saham. Masih banyak hal yang harus Anda pelajari, misalnya sebagai investor saham Anda juga harus belajar makroekonomi, manajemen portofolio, dan lain sebagainya. Sebagai trader, Anda harus mempelajari psikologi trading, money management, dll. Dunia saham adalah dunia yang dinamis. Orang yang statis biasanya tidak bisa sukses di dunia ini, butuh banyak belajar dan berpikiran terbuka.

7. Pelajari Secara Perlahan

Biasanya, seseorang tidak langsung sukses menjadi investor atau trader saham. Semuanya butuh waktu, proses dan pembelajaran terus menerus. Tingkatkan modal secara bertahap sesuai dengan ilmu dan pengalaman yang yang Anda dapat. Jalan menuju sukses panjang, tidak bisa instan, tapi kalau sabar, disiplin dan terus maju, orang biasa pun bisa sukses berinvestasi saham.

Baca berita dan panduan saham terbaru lainnya di CaraBeliSaham.id

This entry was posted in Bisnis and tagged . Bookmark the permalink.