Welcome to Our Website

Beberapa Fakta Animasi Upin Ipin

Upin & Ipin Bergoyang Dangdut karena Diminati di Indonesia

Siapa sih yang tidak mengenal serial animasi Upin Ipin? Animasi ini sudah lama tanya di salah satu televisi stasiun  swasta Indonesia, bahkan sampai sekarang pun masih tayang. Serial animasi asal negri Jiran ini menjadi salah satu kartu terfavorit anak-anak. Namun, tahukah kamu terdapat beberapa fakta mengenain serial animasi Upin Ipin ini. Berikut faktanya.

  • Ke mana Ayah Ibu Upin Ipin?

Ayah dan Ibu Upin Ipin diceritakan telah meninggal dunia sejak episode awal serial. Ternyata, alasan tidak adanya Ayah dan Ibu Upin Ipin karena faktor operasional. Saat itu, rumah produksi serial Upin Ipin bernama Les’ Copaque Production sedang dikejar deadline untuk penayangan episode pertama. Karena waktunya singkat, pihak produksi menghilangkan figur ayah dan ibu.

  • Alasan Upin Ipin Botak

Ternyata, karakter Upin dan Ipin sengaja dibuat botak untuk menghemat biaya produksi. Pada animasi 3D, simulation hair akan membuat proses render menjadi lebih lama. Untuk membuat proses render menjadi cepat, dibutuhkan spesifikasi komputer lebih bagus dan tentunya lebi

  • Nama Asli Opah dan Tok Dalang

Opah yang merupakan nenek dari Upin Ipin serta Tok Dalang yang merupakan seorang sesepuh di desa. Banyak orang yang penasaran dengan nama asli dari Opah dan Tok Dalang karena tidak pernah disebutkan. Ternyata nama asli dari Opah adalah Siti sedangkan nama asli dari Tok Dalang adalah Haji Senin Bin Kamis.

  • Awalnya Bukan Karakter Utama

Kita hanya tahu kalau karakter kedua bocah berkepala botak ini berasal dari serial kartun Upin Ipin saja. Namun, ternyata mereka pertama kali diperkenalkan pada film “Geng Pengembara Bermula”. Film Geng Pengembara Bermula pertama kali diluncurkan pada tahun 2007 dan dirilis pada tahun 2009.

  • Soundtrack Upin Ipin Buatan Indonesia

Meskipun Upin dan Ipin merupakan serial buatan Malaysia, ternyata soundtrack Upin Ipin yang berjudul “Sahabat Selamanya” merupakan buatan band Padi asal Indonesia yang bekerjasama dengan Les’ Copaque. Hal ini bertujuan untuk mempererat hubungan antara Indonesia dan juga Malaysia.

  • Pernah Ditolak berbagai Stasiun TV

Sebelum populer seperti sekarang, ternyata serial Upin Ipin pernah ditolak di beberapa stasiun televisi. Sampai pada akhirnya, serial Upin Ipin dipercaya oleh Direktur TV9 pada saat itu karena dinilai memiliki cerita yang lucu dan menarik.

  • Asal Nama Kampung Durian Runtuh

Nama Kampung Durian Runtuh awalnya diambil karena dahula terdapat sebuah pohoh durian yang hanya sekali berbuah setiap musimnya. Oleh karena itu, warga berebut untuk mendapatkan durian tersebut. Karena tak tahan dengan perdebatan warga, Tok Dalang memutuskan untuk meruntuhkan pohon durian tersebut. Karena peristiwa tersebut, akhirnya bernama Kampung Durian Runtuh.

  • Serial Upin Ipin Tayang di Berbagai Negara

Serial Upin Ipin merupakan serial kartun yang sangat populer. Tidak heran serial Upin Ipin tayang di berbagainegara, tidak hanya di Malaysia namun juga di Indonesia, Asia Tenggara, benua Asia bahkan negara Eropa seperti Turki. Apalagi Upin Ipin tayang di Disney Channel dan menyediakan bahasa Inggris.

  • Upin dan Ipin Sempat Dimaki

Serial animasi Upin Ipin sempat dimaki oleh Paul Moss, seorang juri Malaysian Idol ketika serial animasi Upin Ipin meraih penghargaan Best Screen Chemistry di Shout! Awards pada 2009 silam. Paul Moss mengeluarkan pernyataan negatif pada program tersebut secara live. Karena perbuatannya, Paul Moss banyak mendapat kecaman dari netizen.