Welcome to Our Website

Apa Saja Peranan Ahli Jantung? Yuk Simak Informasinya Di Sini!

Penyakit jantung bukanlah gangguan yang mudah diobati, sebab memerlukan penanganan khusus. Maka dari itu, dokter spesialis jantung dibutuhkan untuk mengatasi masalah penyakit yang satu ini. Para spesialis dokter ini akan menangani pasien dengan keluhan pada pembuluh darahnya dan juga jantung. Seperti apa peranan dokter yang satu ini? Simak ulasannya berikut!

Deretan Penyakit yang Ditangani Dokter Jantung yang Wajib Anda Tahu

Dokter yang mengambil spesialisasi jantung akan memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai berbagai diagnosis, pencegahan, sampai dengan pengobatan penyakit kardiovaskular.  Tak hanya itu saja, dokter spesialisasi ini juga akan menangani keluhan berupa  tekanan darah tinggi hingga serangan jantung.

Selain itu, ada lagi penyakit yang ditangani dokter spesialisasi yang satu ini yaitu berupa angina atau infark miokard, penyakit jantung koroner, penyakit pembuluh darah, penyakit jantung bawaan,  penyakit otot jantung (kardiomiopati), tumor jantung, gangguan irama jantung (aritmia), perikarditis, gagal jantung, sampai dengan henti jantung.

Prosedur yang Dilakukan Dokter Pada Pasien

Ketika dokter melakukan diagnosis, maka spesialis jantung serta pembuluh darah akan melakukan sederet prosedur untuk memeriksa kondisi jantung. Prosedur ini dimulai dari penelusuran riwayat kesehatan, gejala, sampai dengan pemeriksaan fisik jantung. Selanjutnya dokter akan mengevaluasi apakah perlu mendapatkan pemeriksaan lanjutan atau tes lebih mendalam.

Agar diagnosis bisa dipastikan dengan tepat, sering kali dokter akan menyarankan pemeriksaan tambahan. Beberapa tes yang dilakukan oleh dokter spesialis jantung di antaranya yaitu EKG (elektrokardiografi), Echocardiogram (USG jantung), rontgen, CT scan, angiografi, tes latihan treadmill, MRI, sampai dengan tes darah pada pasien.

Setelah diagnosis dipastikan, dokter akan menentukan bagaimana langkah penanganan untuk mengatasi pasien penderita jantung. Prosedur medis dengan obat obatan akan dibutuhkan pasien penderita penyakit jantung sesuai dengan hasil diagnosis. Tujuan dari pengobatan yang satu ini berguna untuk menstabilkan kondisi serta mengendalikan gejala penyakit.

Apabila memungkinkan, obat obatan juga bisa diberikan untuk menyembuhkan penyakit tergantung dengan gejala dan tingkat keparahannya. Selain itu,  dokter juga akan merekomendasikan pengobatan non medis berupa menjalani diet sehat yang ketat, mengurangi stres dan rajin berolahraga untuk memperbaiki kondisinya.

Oleh karena itu, segera konsultasikan berbagai keluhan anda jika mengalami gejala penyakit jantung secara signifikan. Mengingat, penyakit jantung ini merupakan penyakit  yang cukup mematikan (Silent kill). Sebaiknya periksakan diri ke dokter spesialis jantung jika mengalami beberapa gejala seperti nyeri dada, sesak nafas, detak jantung tidak beraturan, mual, dan berkeringat.

Jika merasakan gejala gejala yang sudah disebutkan sebelumnya, segeralah mengunjungi dokter. Apabila dibiarkan saja, serangan jantung bisa menjadi momok yang berisiko tinggi menimbulkan kematian. Anda juga disarankan memeriksakan diri apabila memiliki risiko penyakit lainnya seperti obesitas dan diabetes. Untuk itu, Heartology hadir dengan dokter spesialis berpengalaman.