Welcome to Our Website

Apa Rencana Pemasaran Media Sosial Anda?

 

Jika Anda seorang pemasar, Anda pasti sudah terbiasa dengan strategi dan rencana pemasaran. Pemasaran Media Sosial tidak berbeda – untuk berhasil Anda harus memiliki strategi.

Baik Anda ingin menggunakan Pemasaran Media Sosial untuk meluncurkan produk baru, mempromosikan produk yang sudah ada, meningkatkan loyalitas pelanggan, atau meningkatkan kesadaran merek, strategi media sosial sangat penting untuk mengetahui ke mana Anda akan pergi, apa yang ingin Anda capai dari Pemasaran Media Sosial Anda. upaya dan sumber daya apa yang Anda perlukan. Seperti kebanyakan hal dalam bisnis, jika Anda gagal merencanakan, Anda berencana untuk gagal.

Jadi apa yang harus berisi strategi Media Sosial Anda?

Saya sarankan Anda memasukkan rincian 9 area penting ini dan menambahkan sebanyak yang Anda butuhkan untuk bisnis khusus Anda. Gunakan artikel ini sebagai daftar periksa dan alat curah pendapat.

1. Target audiens Anda – siapa mereka dan bagaimana mereka lebih memilih untuk berjejaring? Alat Media Sosial apa yang mereka gunakan saat ini?

2. Tujuan Anda – apa itu dan bagaimana Anda berencana untuk mencapainya? Apakah Anda ingin menarik lebih banyak prospek? Meningkatkan loyalitas pelanggan? Menarik audiens baru? Dapatkan buzz untuk proyek Anda? Anda harus tahu jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini.

3. Ukuran keberhasilan Affiliate marketing Anda – bagaimana Anda tahu bahwa Anda telah berhasil? Apakah melalui unduhan produk atau uji coba? Jumlah orang yang mengklik ke situs Anda? Atau jumlah prospek berkualitas yang Anda peroleh?

4. Pesaing Anda – Apakah mereka memiliki kehadiran Media Sosial yang besar atau tidak sama sekali? Jenis kampanye apa yang mereka lakukan? Jika mereka tidak melakukan apa-apa, Anda bisa mengambil keuntungan. Google pesaing Anda dan lihat apa yang Anda temukan.

5. Konten Media Sosial Anda – apakah Anda berencana menggunakan konten video, audio, atau tulisan? Lihat apa yang disukai audiens Anda dan gunakan apa yang mereka suka gunakan.

6. Apa yang dimaksud dengan “penawaran lunak Anda?” – Bagaimana Anda akan mengubah prospek Anda menjadi penjualan atau pelanggan? Apa rencana penangkapan/pengasuhan prospek Anda? Ini bisa berupa whitepaper gratis atau studi kasus atau laporan. Apa pun itu, buat garis besar dalam rencana Anda

7. Alat Media Sosial Anda – Apakah Anda akan menggunakan YouTube, blog, Twitter, Facebook? Forum Komunitas? Tidak semua alat akan bekerja untuk Anda, beberapa akan bekerja lebih baik daripada yang lain. Seringkali satu-satunya cara untuk mengetahuinya adalah dengan mencobanya dan melihat. Memiliki strategi membuatnya lebih mudah karena Anda dapat membuat keputusan tentang apa yang harus dicoba dan mengapa. Anda dapat melacak hasil dari setiap alat yang Anda coba.

8. Sumber daya Anda – Sebagian besar alat Media Sosial hanya membutuhkan sedikit biaya atau tidak sama sekali untuk disiapkan dan dijalankan. Namun, ada investasi waktu yang cukup besar yang diperlukan untuk setiap upaya Media Sosial agar berhasil dalam jangka panjang. Misalnya, siapa yang akan terus memperbarui blog Anda? Bagaimana Anda menangani komentar sehingga blog benar-benar interaktif dan percakapan? Berapa banyak orang yang perlu Anda alokasikan? Apa rencana Anda untuk melacak – dan bertindak berdasarkan apa yang dikatakan statistik Anda?

Kebanyakan orang tidak mempertimbangkan pertanyaan-pertanyaan ini sampai setelah mereka mulai. Jika Anda dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan ini sejak dini, Anda akan siap dan lebih mungkin untuk menghindari frustrasi dan kegagalan. Anda juga harus hati-hati mempertimbangkan waktu yang Anda mampu untuk berinvestasi dibandingkan dengan apa yang sebenarnya dibutuhkan.

9. Terakhir, namun tentu tidak kalah pentingnya, bagaimana Anda akan mendorong pemasaran dari mulut ke mulut dan sifat viral dari Media Sosial? Bagaimana Anda berencana membuat orang membicarakan Anda tanpa “Anda membicarakan Anda?” Ini adalah keuntungan yang signifikan dari menggunakan Media Sosial, namun itu tidak terjadi begitu saja.

Banyaknya alat dan peluang media sosial bisa sangat banyak. Strategi Media Sosial akan membantu Anda mengurangi kebisingan, membuat pilihan yang lebih baik, dan memilih apa yang sesuai untuk audiens Anda, perusahaan Anda, dan tujuan Anda. Ini akan memposisikan Anda untuk menghadapi banyak rintangan yang tampaknya besar untuk memulai dan hampir pasti akan membuat Anda lebih sukses dalam upaya Media Sosial Anda.

Anggap saja sebagai peta jalan Anda menuju kesuksesan.