Apa Itu Jerawat Kistik dan Bagaimana Cara Menghilangkannya? Ikuti Tips Ini

Apa Itu Jerawat Kistik dan Bagaimana Cara Menghilangkannya? Ikuti Tips Ini – Beberapa jenis jerawat rupanya berlainan, karena itu langkah menangani jerawat harus tepat supaya permasalahan terselesaikan. Ketahui jenisnya dan obati!

Umumnya, jerawat ada karena mampetnya pori-pori oleh minyak berlebihan, sel-sel kulit mati, kotoran, dan lain-lain.

Banyak factor pemicu membuat jerawat yang muncul di wajah atau badan kita berbeda memiliki bentuk. Karenanya, langkah menangani jerawat harus juga disamakan supaya permasalahan dapat terselesaikan secara tepat.

Apa tipe jerawat yang biasanya ada dan bagaimanakah cara menangani jerawat secara tepat? Yok, baca info secara lengkap berikut!

 

maklon kosmetik

Cari Pabrik Maklon Kosmetik dan Skincare Terbaik? Cek Disini

 

Tipe Jerawat

  1. Jerawat Blackheads

Blackheads atau komedo warna hitam ini sebetulnya salah satunya tipe jerawat, lho. Tipe ini umumnya ada disekitaran hidung.

Blackheads ada karena mampetnya pori-pori oleh minyak berlebihan. Beberapa orang kemungkinan tidak perduli dengan kedatangan blackheads, tapi jika didiamkan bisa memunculkan permasalahan baru untuk muka!

Untuk menangani blackheads ini, kamu dapat memakai cream muka yang mengandung asam salisilat, benzoyl peroxide, dan resorsinol.

Beberapa bahan ini bermanfaat untuk mematikan bakteri pemicu komedo, kurangi minyak berlebihan, dan mengusung sel-sel kulit mati.

  1. Jerawat Whiteheads

Proactive Whiteheads atau komedo warna putih ini sebagai jerawat kerap ada di muka. Whiteheads ada karena mampetnya pori-pori dan tutupi semua permukaan hingga kelihatan tonjolan putih.

Untuk menanganinya, kamu dapat memakai produk yang mengandung AHA, retinoid, benzoyl peroxide, dan asam salisilat yang berperan untuk mengusung sel-sel kulit mati, mematikan bakteri, dan kurangi infeksi pada tempat komedo.

  1. Jerawat Pustula

Jerawat pustula ialah jerawat dengan cairan nanah didalamnya. Jerawat ini memiliki ukuran semakin besar dari komedo putih dan dikitari kemerahan.

Jerawat ini umumnya ada di tempat yang gampang berminyak, seperti muka, punggung, dan dada. Jerawat ini tersering serang saat umur remaja.

Menurut American Academy of Dermatology, langkah menangani jerawat pustula inii dengan sabun bersihkan muka yang mempunyai kandungan benzoyl peroxide dan asam salisilat.

Benzoyl peroxide berperan untuk mematikan bakteri pemicu jerawat dan asam salisilat untuk bersihkan sel-sel kulit mati di wajah.

 

Baca juga: Apa Maksud Dari Panaroid dan Bagaimana Cara Mengurangi Gejalanya? Ini Solusinya

 

  1. Jerawat Papula

Jerawat tipe papula ada dengan wujud tonjolan di permukaan kulit. Jika jerawat ini disentuh, akan berasa ngilu. Kulit disekitaran jerawat papula ini akan kemerahan tetapi tidak ada nanah di pucuknya.

Jerawat papula dapat ada karena komedo hitam dan putih yang didiamkan, loh! Hingga jadi iritasi dan menghancurkan kulit sekelilingnya, selanjutnya beralih menjadi infeksi.

Langkah menangani jerawat ini ialah pakai produk yang memiliki kandungan asam salisilat dan benzoyl peroxide.

Disamping itu, tentukan produk yang mengandung retinoid karena sanggup menolong mengembalikan sel-sel kulit yang hancur.

Perawatan muka lebih hebat dengan animal mask opsi di sini! Baca : Menangani Jerawat secara Alami, Dimulai dari Beberapa hal Kecil

  1. Jerawat Kistik

Tipe jerawat ini umumnya kita mengenal bernama jerawat batu. Jerawat batu umumnya berupa tonjolan merah, lumayan besar, dan keras.

Jerawat kistik ini ada karena penimbunan minyak dan sel-sel kulit mati di jaringan kulit sisi dalam. Tipe jerawat ini ialah jerawat yang kronis.

Untuk menangani tipe jerawat ini, selainnya memakai produk yang memiliki kandungan benzoyl peroxide dan retinoid, pakai produk isotretinoin.

Isotretinoin sebagai obat yang diperuntukkan untuk jerawat batu. Tetapi, pemakaiannya harus dalam pemantauan dokter.

  1. Jerawat Nodul

Tipe jerawat ini terhitung di dalam keadaan jerawat yang kronis dan tidak dapat diobati dengan obat bebas. Jerawat ini ada bisa disebabkan karena factor turunan dan hormon yang tidak imbang.

Jerawat nodul berupa besar, keras, berasa sakit, dan ada di permukaan kulit. Tipe jerawat nodul ini bisa bertahan beberapa minggu bahkan juga lebih.

Jerawat ini sering ada pada remaja lelaki saat periode pubertas. Walau seluruh orang dapat alami permasalahan ini.

Langkah menangani jerawat ini ialah memeriksakan ke dokter kulit supaya diberi antibiotik dan obat yang lain. Karena penyembuhan tanpa resep dokter tidak dapat menangani permasalahan jerawat yang ini.

  1. Jerawat Teknisi

Tipe jerawat mekanika ini umumnya dirasakan oleh beberapa olahragawan. Umumnya, jerawat ini ada pada bagian badan yang lain selainnya muka, seperti punggung dan dada. Jerawat ini ada karena ada penekanan, temperatur panas, dan gesekan pada sebuah tempat.

Biasanya olahragawan memakai baju yang ketat dan beragam peralatan olahraga yang lain. Baju yang ketat ini yang memunculkan jumlahnya keringat dan memunculkan jerawat mekanika.

Kamu dapat menangani jerawat ini di dalam rumah, kok! Langkah menangani jerawat ini ialah memakai produk yang mengandung asam salisilat dan benzoyl peroxide.

Disamping itu, lihat bahan baju yang kamu pakai. Pilih bahan yang gampang mempernyerap keringat seperti katun.

Jaga kebersihan peralatan olahraga, seperti bersihkan headbands dan topi dengan teratur.

Benahi dan jaga kesehatan kulit dengan serangkaian produk aloe vera opsi di sini! Baca : Toner Muka yang Baik untuk Hindari Jerawat dan Kulit Mati

 

Baca juga: Maklon Adalah

 

Langkah Menangani Jerawat

Ketidaksamaan tipe jerawat pasti berlainan langkah menanganinya. Jerawat dapat digolongkan jadi tiga, yakni:

– Jerawat enteng: Blackheads, whiteheads, dan pustula kecil, dan jerawat mekanika.

– Jerawat sedang: Blackheads, whiteheads, dan papula yang ada di tempat selainnya muka.

– Jerawat kronis: Jerawat kistik (jerawat batu) dan jerawat nodul yang dalam.

Selainnya dengan beberapa produk yang sudah disebut sebelumnya, langkah menangani jerawat yang lain, yakni:

– Membersihkan muka 2x satu hari dengan sabun pencuci muka.

– Kerjakan ganda cleansing supaya muka bersih optimal.

– Pakai produk untuk jerawat yang pas dengan kulit.

– Jaga skema tidur dan makan.

– Jauhi depresi.

– Banyak minum air putih.

– Datangi dokter kulit jika perawatan di dalam rumah tidak memperlihatkan peralihan.

Nach, itu ia tipe jerawat dan langkah menangani jerawat yang penting kamu kenali. Hingga, kamu tidak keliru dalam mengatasinya. Ketidaksamaan keadaan tiap jerawat, pasti berlainan pengatasannya.

Jerawat bukan hanya bisa ada di muka, tapi bisa juga ada pada bagian badan yang lain seperti punggung dan dana. Oleh karena itu, selainnya memakai obat untuk jerawat, pastikanlah kamu jaga kebersihan badan.

This entry was posted in Informasi, Kesehatan and tagged , , , . Bookmark the permalink.