Welcome to Our Website

Apa Itu Insomnia dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Banyak diantara Anda yang mungkin sering kali mengalami insomnia bukan, apalagi untuk anak muda zaman sekarang, lalu sebenarnya apa itu insomnia? Insomnia ini merupakan sebuah gangguan yang menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan untuk tidur di malang hari. Karena tidak mendapatkan waktu tidur secara cukup inilah, maka dalam jangka waktu panjang nantinya hal tersebut akan menyebabkan banyak masalah kesehatan.

Bagi Anda yang sudah mulai merasakan gejalanya, maka jangan dibiarkan begitu saja, alangkah baiknya untuk segera dilakukan terapi agar tidak semakin buruk, berikut ini diantaranya beberapa cara yang dapat diterapkan untuk mengatasinya, yaitu:

1. Buatlah jadwal tidur secara teratur, hal ini ditujukan untuk membantu mengatur ritme sirkandian tubuh, sehingga nantinya akan otomatis mengantuk pada jam-jam atau waktu Anda harus tidur.

2. Prioritaskan tidur dibandingkan dengan aktivitas yang lainnya, apalagi ketika sudah memasuki jam tidur. Misalnya adalah dengan langsung mematikan hp ketika sudah masuk waktu tidur Anda.

3. Membatasi waktu tidur siang Anda, bagi yang sudah terbiasa tidur siang, maka ada baiknya bagi Anda untuk mulai membatasi waktunya, sehingga nantinya tidak akan mengganggu atau mengambil waktu tidur malam.

4. Pastikan melakukan hal-hal yang dapat membuat tidur Anda semakin nyenyak, seperti diantaranya adalah dengan minum susu sebelum tidur, olahraga secara rutin, mendengarkan musik yang slow. Hal-hal tersebut nyatanya juga efektif untuk meningkatkan kualitas tidur agar semakin nyenyak.

5. Gunakan tempat tidur yang nyaman, seperti diantaranya adalah dengan memilih kasur, bantal maupun guling yang berkualitas. Karena sarana tidur yang kurang nyaman juga akan mempengaruhi kualitas tidur Anda.

6. Hindari mengonsumsi kafein maupun teh, apalagi ketika sudah masuk waktu tidur, karena ini juga akan membuat Anda menjadi terjaga.

Sudah tahu bukan apa itu insomnia bahkan sampai dengan cara untuk mengatasinya. Harus mulai diterapkan, karena pada dasarnya setiap orang membutuhkan waktu istirahat selama 7 hingga 8 jam setiap hari agar tubuh tetap sehat serta membantu mengembalikan energi yang hilang. Semoga bermanfaat untuk kamu ya, terutama yang sedang insomnia!