Welcome to Our Website

Air Rebusan Belimbing Wuluh Sebagai Obat Covid-19?

Akhir-akhir ini beredar video kesaksian seorang perempuan dan mengajak meminum air rebusan belimbing wuluh. Air belimbing wuluh ini diklaim dapat menyembuhkan covid-19.

Prosesnya adalah memasukkan belimbing wuluh yang telah dibelah dua ke dalam air hangat kemudian direbus. Air rebusannya diminum hangat-hangat. Meminum ini dikatakan dapat menyembuhkan covid-19 dan penyakit lainnya. Tidak hanya menyembuhkan tapi juga mencegah covid-19 dan penyakit lainnya.

Tetapi menurut para ahli, pernyataan itu tidak sepenuhnya benar. Hingga hari ini belum ada obat resmi yang dapat menyembuhkan covid-19.

 

Baca juga: Simak Berikut Ini! Panduan Pintar Pilih Tempat Tidur yang Nyaman dan Berkualitas

 

Pernyataan

Akun facebook bernama Victoria Sidabutar mengunggah video dengan durasi 7 menit 43 detik tetang kesaksian wanita berumur 63 tahun yang menyatakan air rebusan belimbing wuluh dapat menyembuhkan covid-19.

Perempuan dalam video yang ditunjukkan itu mengatakan dia sembuh dari covid-19 setelah meminum air rebusan belimbing wuluh tersebut.

Di video tersebut wanita tersebut berbagi pengalaman sembari mengatakan ini bukan omong kosong belaka. Wanita itupun menunjukkan prosesnya mulai dari membelah belimbing, merebusnya, dan air rebusannya diminum hangat-hangat.

Wanita itu menyatakan belimbing ini sungguh berkhasiat karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi.

 

 

Klarifikasi

Benarkah air rebusan belimbing ini seampuh pernyataannya?

Salah satu dokter mengatakan tidak ada salahnya mengkonsumsi buah-buahan dalam masa pemulihan penyakit, tetapi perhatikan dahulu apa penyakitnya dan kondisi tubuh pasiennya. Alasannya adalah karena sayur dan buah mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Belimbing wuluh termasuk dalam buah tersebut, bagaimanapun belimbing wuluh kaya akan vitamin dan serat.

Akan tetapi dokter tersebut memperingatkan tidak demikian jika belimbing melalui proses pemasakan. Dokter mengatakan buah-buahan termasuk belimbing baik untuk tubuh dan mensuplai vitamin untuk tubuh sehingga tubuh dapat bekerja dengan optimal. Namun merebus belimbing itu merusak kandungan vitamin dalam belimbing.

Dokter juga menyatakan ketidaksetujuannya menjadikan belimbing sebagai obat covid-19. Karena belum ada hasil riset yang ilmiah mengenai hal itu. Dokter mengatakan meski kondisi pasien menjadi membaik setelah mengkonsumsi belimbing, bukan berarti belimbing itu obat covid-19.

Melalui sumber yang berbeda, juru bicara pemerintah untuk covid-19 menerangkan, memang ada bahan-bahan alami yang punya manfaat mencegah dan mengobati covid-19. Tetapi karena belum adanya bukti kesehatan yang ilmiah maka prinsipnya bahan-bahan alami itu hanyalah alternatif.

 

Baca juga: Cara Atasi Kulit Kering Anda. Segera!!!

 

Kesimpulan

Masih belum ada obat yang pasti untuk mengobati covid-19. Jadi belimbing bukan obat yang tepat untuk covid-19 karena belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan hal itu.

Tetapi buah dan sayuran tetap kaya nutrisi bagi tubuh. Mengkonsumsi buah dan sayur tidak masalah selama tidak mempunyai penyakit yang bertentangan dengan buah dan sayur tersebut.