Welcome to Our Website

9+ Rekomendasi Susu Formula yang Bagus untuk Bayi & Anak

Lactogen 1

Susu Formula merupakan minuman yang mempunyai banyak kandungan multi vitamin dan nutrisi terbaik untuk bayi berusia 0 – 6 bulan, 6 – 1 bulan, 1 – 3 tahun, dan 3 – 5 tahun. Susu Formula biasanya digunakan oleh para bunda untuk melengkapi asupan ASI kepada sang buah hati.

Yang jadi persoalan adalah produk susu formula mana sajakah yang cocok untuk bayi dan cocok dengan usia serta kandungan vitamin / nutrisi seimbang sesuai kebutuhan. Susu formula dengan kandungan gizi terbaik mampu mendorong pertumbuhan dan perkembangan bayi. Bunda terkadang memperhatikan beberapa faktor berupa harga, kandungan gula, sampai susu formula mana yang terbuat dari susu sapi pilihan.

Pada artikel kali ini, akan merekomendasikan 11 Rekomendasi Terbaik Susu Formula untuk bayi yang telah teruji secara klinis mampu mencukupi asupan nutrisi bayi dan dipakai sebagai pelengkap ASI.

Sebelum ke daftar produk, simak terlebih dahulu cara memilih susu formula terbaik yang perlu diperhatikan dibawah ini :

 

Cara Memilih Susu Formula Terbaik :

  • Pilih Susu Formula Sesuai Dengan Usia Bayi

Susu formula hadir dalam varian berbeda – beda, ada susu formula yang khusus untuk bayi berusia 0 – 6 bulan, susu formula untuk bayi berusia 6 – 1 bulan, bayi berusia 1 – 3 tahun, dan 3 – 5 tahun. Semuanya memiliki kadar nutrisi yang berbeda. Pilihlah produk susu formula yang sesuai dengan usia si bayi agar bekerja secara sempurna untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak mulai dari usia 0 – 5 tahun.

  • Cermati Kandungan Vitamin Dan Nutrisinya

Tidak hanya faktor usianya saja yang mempengaruhi kualitas susu, kandungan vitamin dan nutrisinya pun perlu diperhatikan. Terdapat keterangan informasi nilai gizi yang menunjukan data secara spesifik pada setiap kemasan susu formula. Bunda bisa membacanya terlebih dahulu, dengan acuan yang telah disetujui oleh BPOM Indonesia dan pendapat para ahli sehingga produk susu formula layak dipakai untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi setiap Hari.

  • Baca Tanggal Kadaluarsa Dan Kemungkinan Efek Samping Yang Ditimbulkan

Salah satu tips yang sangat penting ketika akan membeli produk susu formula adalah cermati terlebih dahulu tanggal kadaluarsa dari produk susu tersebut. Hal ini sangat penting dilakukan karena dapat  mempengaruhi kualitas susu  formula yang akan dikonsumsi. Tidak terkecuali pada efek samping yang kemungkinan ditimbulkan dari susu formula ketika dikonsumsi.

Bunda harus lebih pintar dan bijak memilih produk mana saja yang tidak memiliki efek samping terhadap bayi, agar menjadi lebih sehat dan tidak terkontaminasi oleh zat berbahaya. Efek samping ini biasanya timbul apabila produk susu dikonsumsi dalam jumlah yang tidak terkontrol dan tidak mengikuti anjuran pakai.

  • Pilih Susu Formula Sesuai Kondisi

Banyak sekali produk susu formula yang memiliki berbagai macam tekstur. Kemasanyapun berbeda – beda. Beberapa contohnya adalah dikemas dalam kaleng, plastik / box yang terbuat dari bahan anti bakteri. Pilih susu formula sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan agar memudahkan saat di pakai dan dikonsumsi oleh bayi.

  • Perhatikan kebersihan Botol Minum Bayi

Terakhir, satu tips yang sangat penting adalah selalu menjaga kebersihan botol minum bayi. Bunda biasanya membuat susu formula kedalam sebuah dot bayi (botol minum bayi). Perhatikan terlebih dahulu kebersihan botol baik itu permukaan dalam / luarnya agar susu bisa diracik secara sempurna dan bakteri tidak bisa masuk kedalam botol.

Sebelum membuat susu formula untuk bayi, alangkah baiknya botol minum dibersihkan menggunakan air panas pada permukaan dalamnya lalu di kocok – kocok hingga bersih. Pada bagian dot (penutup atas) juga harus dibersihkan secara berkala. Hal ini bertujuan agar parasit / kuman jahat tidak mampu hidup / berkembang sehingga botol tetap steril saat digunakan.  

 

Berikut 11 Rekomendasi Terbaik Susu Formula :

  • Enfamil A1

Enfamil A1

Susu dengan berbagai macam keunggulan cocok untuk anak usia 0 – 6 bulan. Enfamil A1 hadir dalam kemasan kaleng berukuran 800 gram, dilengkapi Smart Lock Tub (penutup otomatis) untuk menutup secara rapat supaya terjaga keaslian produk dan terhindar dari berbagai macam kuman / bakteri. Diperkaya vitamin A, B, B1, B6, dan B12 serta fosfor, sangat berguna untuk memenuhi kelengkapan gizi bayi yang baru lahir.

Susu Enfamil A1 diformulasikan secara khusus agar rasa maupun teksturnya menyerupai ASI. Produk ini menjadi salah satu andalah para bunda yang baru saja melahirkan. Untuk informasi harga Enfamil A1 dibendrol dengan harga kisaran Rp. 400.000 sampai Rp. 550.000 per kaleng.

  • Frisolac Gold 1

Frisolac Gold 1

Susu formula yang inofatip untuk bayi berusia 0 – 6 bulan khusus untuk Ibu yang tidak bisa memberikan ASI secara langsung karena adanya kendala tertentu. Frisolac Gold 1 dipercaya mampu memenuhi semua kebutuhan nutrisi untuk perkembangan bayi karena mengandung berbagai macam vitamin kompleks, diperkaya dengan DHA dan AA, akan membunuh bekteri jahat pada sistem pencernaan bayi. Selain itu, dilengkapi dengan 3 senyawa penting diantaranya :

  • Probiotik dan Prebiotik: Membantu menekan / membunuh bakteri berbahaya dan cacing yang berlebihan dalam sistem pencernaan bayi, sehingga membuat sistem pencernaan yang sehat. 
  • Nukleotida : menyempurnakan fungsi sel pada otak / tubuh, supaya mendorong pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Produk ini sangat ekonomis karena dikemas pada kaleng berbahan plastik berukuran 400 gram dan dihargai kisaran Rp. 200.000 sampai Rp. 350.000 per paketnya. Selain itu, susu formula ini juga bisa di konsumsi oleh bunda yang sedang menyusui.

  • Lactogen 1

Lactogen 1

Susu formula yang diperkaya dengan 12 vitamin dan 11 mineral baik untuk bayi berusia 0 – 6 bulan.  Lactogen 1 merupakan produk susu formula unggulan yang disukai oleh banyak bunda. Dengan kemasan baru, menjadi lebih menarik dengan warna biru yang cerah. Kandungan protein yang seimbang berfungsi menstabilkan metabolisme tubuh bayi serta membantu pertumbuhan sel-sel dalam tubuh.

Berbeda dengan produk susu formula lainya, susu ini  mengandung lemak nabati asli yang terbebas dari kalori serta dapat diserap oleh tubuh secara menyeluruh. Setiap produk nya dikemas dalam box berukuran 750 gram dengan kisaran harga Rp. 90.000 sampai Rp. 150.000 per box.

  • Formula S26 Pomil Gold

Formula S26 Promil Gold

Formula S26 Pomil Gold hadir dengan formula terbaik untuk bayi berusia 0 – 6 bulan. Cocok digunakan sebagai pendamping ASI, dilengkapi kandungan protein, karbohidrat, Kalsium, Asam Linoleat, Vitamin, dan Mineral untuk pertumbuhan si kecil. Diperkaya kandungan Protein, Zat besi dan Zink mendukung pertumbuhan bayi secara optimal dalam fase tahap 1.

Salah satu keunggulan dari susu formula ini yaitu tidak mengandung gula tambahan. Konsumsi susu formula ini secara rutin untuk menjaga asupan vitamin pada bayi secara konsisten. Formula S26 Pomil Gold Dikemas dalam kaleng berukuran  900 gram dengan harga kisaran Rp. 400.000 sampai Rp. 550.000 per produknya.

  • Morinaga BMT Platinum

Morinaga BMT Platinum

Bayi sejak pertama kali lahir tentu memerlukan vitamin dan nutrisi terbaik terutama ASI eksklusif dari sang bunda. Namun terkadang ASI yang dihasilkan tidak memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Salah satu faktor penyebabnya adalah faktor genetik / saat persalinan berlangsung. Sebagai gantinya, para bunda memanfaatkan susu formula sebagai jalan keluar untuk memenuhi kebutuhan bayi.

Morinaga BMT Platinum dibuat secara khusus untuk bayi yang baru lahir diperkaya senyawa DHA & AA, Laktulosa, Prebiotik, dan Laktoferin dalam jumlah yang telah di racik secara sempurna membuat pertumbuhan bayi menjadi lebih baik bahkan bayi yang prematur. Morinaga BMT Platinum dikemas dalam box berukuran 800 gram, dan dijnual pada kisaran harga Rp. 300.000 sampai Rp. 450.000 per box nya.

  • Frisian Baby

Frisian Baby

Frisian Flag merupakan Brand perusahaan yang sangat populer dan banyak disukai oleh berbagai macam kalangan mulai dari anak – anak sampai dewasa. Tidak hanya memproduksi susu untuk dewasa  saja, mereka juga merilis sebuah produk susu formula yang baik untuk bayi berusia 6 – 12 bulan. Frisian Baby diperkaya senyawa DHA , AA,  prebiotik, laktulosa, serta 8 vitamin & 6mineral. Aman bagi si kecil.

Selain itu, susu formula ini tidak mengandung gula tambahan, dengan demikian bunda tidak perlu khawatir ketika anak kita mengkonsumsinya. Produk susu ini sangat rekomended untuk masa awal pertumbuhan anak. Produk ini dikemas ke dalam box berukuran 400 gram dengan kisaran harga Rp. 40.000 sampai Rp. 60.000 per box.

  • Enfagrow A+ Gentle Care

Enfagrow A Gemtle Care

Susu formula yang diperkaya protein halus, mudah dicerna untuk perut si kecil. Kandungan Vitamin B1, B6, B12, sangat berperan dalam pertumbuhan bayi. Formula Omega 3 dan 6 dapat menjaga kesehatan dan melancarkan pencernaan. Kalsium berguna untuk membuat postur tulang menjadi lebih kuat dan padat. Selain itu, kandungan Zat Besi dan Asam Folat mampu mempercepat pertumbuhan sel dalam otak bayi agar lebih tanggap. 

Susu formula ini direkomendasikan untuk anak berusia 1 – 3 tahun. Produk tersebut merupakan susu formula import asal negara Belanda yang laris diparasan sejak pertama kali dirilis. Enfagrow A+ Gentle Care dikemas pada kaleng bermutu tinggi anti bakteri berukuran 900 gram, dengan harga kisaran Rp. 400.000 sampai Rp. 550.000 per kaleng.

  • SGM Eksplor 1 Plus Madu

SGM Eksplor 1 Plus Madu

Satu lagi Produk susu formula yang disukai oleh para bunda dan sangat populer di pasaran dengan tambahan sari madu asli dapat mencerdaskan dan meregenerasi sel – sel tubuh agar berkembang secara  konsisten membuat anak jadi lebih pintar dan kreatif. Setiap 3 sendok takaran SGM Eksplor 1 Plus Madu terdiri dari 150 kkal energi, 45 kkal energi dari lemak baik, dan 5 gram protein.

Selain itu dilengkapi oleh kadungan vitamin C, Zat besi , dan Zinc yang membantu perkembangan otak serta meningkatkan kekebalan tubuh anak. Susu ini terdiri dari 2 varian rasa yaitu : coklat dan vanila, dikemas dalam box berukuran 900 gram dan dibendrol dengan harga Rp. 90.000 sampai Rp. 150.000 per box.

  • Bebelac 3 HiQ-EQ

Bebelac 3 HiQ-EQ

Cukupi asupan vitamin dan nutrisi anak berusia 1 – 3 tahun dengan susu formula yang memiliki kandungan 12 Vitamin komplit dan 9 Mineral alami yang berperan dalam pertumbuhan optimal anak. Bebelac 3 HiQ-EQ juga mengandung Protein, Zinc, dan Zat Besi yang berfungsi menambah daya tangkap serta membuat anak menjadi lebih kreatif dengan mengenal barang – barang disekitarnya.

Susu formula ini hadir dengan rasa vanila banyak disukai anak – anak, kandungan gula nya pun tidak berlebihan karena hanya memakai gula dari sari tebu asli yang organik dan aman dikonsumsi. Selain itu, diperkaya senyawa Prebiotik FOS dan GOS berperan untuk menlancarkan fungsi pencernaan anak. Detail produk ini yaitu dikemas dalam bentuk kaleng plastik dengan ukuran 800 gram dibendrol oleh harga kisaran Rp. 100.000 sampai Rp. 200.000 per kaleng.

  • Lactogrow 3 Happy Nutri

Lactogrow 3

Nestle merupakan brand pesaing utama yang memproduksi berbagai macam susu formula untuk segala usia. Salah satu produk susu formula yang direkomendasikan untuk anak berusia 1 – 3 tahun adalah Lactogrow 3 Happy Nutri. Produk ini merupakan susu pertumbuhan anak yang diformulasikan secara khusus oleh para ahli di Nestle Research Centre di negara Belanda dengan berbagai keunggulan dan dilengkapi sertifikasi.

Lactogrow 3 Happy Nutri diperkaya  12 vitamin, 7 mineral , dan minyak ikan untuk mencerdaskan anak usia dini. Kandungan Lactobacillus reuteri  (bakteri baik) berfungsi untuk melancarkan saluran cerna agar tidak mengalami diare / rasa nyeri pada perut si kecil. Susu formula ini mempunyai 2 varian rasa diantaranya : madu dan plaint. Dikemas dalam box dengan masa 750 gram, dibendrol pada kisaran harga Rp. 90.000 sampai Rp150.000 per paket nya.

  • Dancow Advanced Excelnutri 3

Dancow Advanced Excelnutri 3

Satu lagi produk dari Brand Nestle yang sangat di sukai oleh berbagai kalangan dengan berbagai kandungan multivitamin dan mineral yang sangat penting untuk anak berusia 3 – 5 tahun. Dancow Advanced Excelnutri 3 merupakan seri terbaru dari Nestle Research Center. Susu formula ini diperkaya Lactobacillus rhamnosus berjulah 3x kali lipat dibandingkan produk sebelumnya.

Bakteri baik tersebut berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan anak dan sebagai perlindungan / pondasi yang mendukung pertumbuhan fisik dan perkembangan otak anak. Selain itu, dilengkapi oleh beberapa nutrisi seperti : Karbohidrat, Protein, dan Zat besi yang membuat anak semakin aktif bergerak. Hadir dengan rasa vanila, dikemas dalam box berukuran 800 gram, dan dibendrol seharga Rp. 100.000 sampai Rp. 150.000 per box.

 

Kesimpulan : Dapat kita simpulkan bahwa susu formula adalah sebuah minuman yang di konsumsi oleh bayi / anak yang sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan mulai dari tahap usia 0 sampai 5 tahun. Susu formula banyak dipakai oleh bunda sebagai pelengkap ASI. Bunda harus cermat dan pintar ketika memilih susu formula, agar buah hati kita tercukupi asupan vitamin dan mineralnya yang seimbang.

Beberapa list produk di atas dapat dijadikan sebagai referensi saat membeli susu formula, karena produk tersebut telah teruji secara klinis dan banyak di pakai oleh bunda yang secara rutin memberikanya kepada sang buah hati tercinta sesuai dengan usia.