6 Tips Membuat Daging Sapi Lebih Empuk

Daging sapi adalah salah satu sumber nutrisi yang baik untuk tubuh. Di Indonesia sendiri, sudah ada banyak masakan tradisional yang dibuat dari bahan daging sapi. Sayangnya, masih ada beberapa orang yang merasa kesulitan untuk memasak daging sapi agar teksturnya menjadi empuk dan enak saat digigit. Anda tidak perlu khawatir, ternyata ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat daging sapi menjadi lebih empuk dan lembut. Penasaran? Langsung saja simak tipsnya dibawah ini.

  1. Lembutkan Daging Dengan Palu Khusus

Daging yang alot ternyata bisa dilembutkan menggunakan palu khusus daging. Anda bisa mencoba untuk memukul daging pelan-pelan agar tekstur daging tetap ada dan tidak hancur. Perhatikan untuk mengontrol tenaga pukulan agar tekstur daging tidak menghilang. Bila Anda terlalu keras dalam memukul daging, maka teksturnya akan berubah menjadi bubur.

  1. Gunakan Garam

Memiliki cukup banyak waktu untuk mengolah daging? Anda bisa melembutkan daging menggunakan garam. Silahkan taburi daging menggunakan garam secara menyeluruh. Jangan ragu untuk menggunakan banyak garam pada permukaan daging. Biarkan daging selama satu atau dua jam agar garam bisa meresap dalam daging. Setelah dua jam, bilas garam yang menempel pada daging. Apabila sudah bersih dari garam, Anda bisa memasak daging sesuai dengan keinginan.

  1. Menggunakan Bahan Asam

Asam memiliki fungsi untuk melunakkan protein dalam daging. Anda bisa memanfaatkan fungsi asam ini untuk melembutkan struktur protein dalam daging. Caranya mudah saja, bumbui daging dengan bahan yang mengandung asam. Anda bisa menggunakan lemon atau cuka yang mudah didapatkan. Diamkan daging sekitar satu jam saja. Terlalu lama membiarkan daging dalam asam bisa membuat struktur protein daging menjadi hancur dan tidak lagi enak dimasak.

  1. Menggunakan Buah

Beberapa buah memiliki kandungan enzim yang bisa melembutkan daging. Buah-buah tersebut adalah pepaya, nanas dan pir. Anda bisa memanfaatkan buah ini untuk melembutkan daging dengan cara direndam. Kupas kulit buah dan potong hingga menjadi beberapa bagian. Jika sudah, rendam daging menggunakan buah tersebut selama beberapa waktu. Jangan terlalu lama atau daging akan terlalu lembek dan tidak lezat ketika dimasak.

  1. Diamkan Daging

Bila Anda tidak ingin repot merendam atau memukul daging menggunakan palu khusus, Anda bisa menggunakan tips ini. 30 menit sebelum Anda akan memasak daging, Anda bisa mendiamkan daging dalam suhu ruang. Suhu ruang bisa membuat daging menjadi lebih empuk dan tentunya mudah dipotong.

  1. Potong Sesuai Serat

Daging memiliki serat otot yang bisa terlihat dari permukaan. Anda bisa memotong daging dengan arah melintang dari serat ototnya agar lebih empuk ketika dikunyah. Memotong daging sejajar dengan serat otot akan membuat daging sulit dikunyah dan tidak bisa dipotong kecil. Anda bisa memotong daging ini ketika memasak. Lebih baik bila tips ini diterapkan bersama dengan tips-tips lainnya yang sudah dipaparkan diatas.

Anda bisa menerapkan tips-tips diatas setelah membeli daging sapi melalui Tani Hub. Tani Hub adalah sebuah platform e-commerce yang menjual berbagai macam bahan makanan dan bumbu dapur, termasuk daging sapi. Kualitas daging sapi yang dijual di Tani Hub tentu tidak perlu diragukan lagi. Sudah pasti Anda bisa mendapatkan kualitas yang terbaik dengan harga terjangkau. Mulailah memasak menggunakan daging sapi dari Tani Hub. Dijamin masakan Anda akan terasa lebih enak.

This entry was posted in Kuliner. Bookmark the permalink.