Welcome to Our Website

Cara memilih layanan hosting murah

Tentukan Platform yang Ingin Digunakan

Kebutuhan hosting kamu bisa kamu tetapkan ketika kamu sudah mengetahui platform apa yang akan kamu gunakan untuk membuat website. Menentukan platform ini merupakan salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan secara serius dan rinci, agar kamu tidak salah dalam menentukan kapasitas hosting kamu nantinya.

Jika kita melihat platform yang telah umum digunakan di Indonesia sendiri, mayoritas website dibuat menggunakan platform WordPress atau biasa kita sebut dengan CMS WordPress yang mana sudah terkenal lebih mudah digunakan dan SEO Friendly. Tentu juga karena berbagai pligin wordpress yang akan memudahkan dalam membangun sebuah website impian.

Selain CMS WordPress, berbagai platform lain yang bisa kamu gunakan, seperti WIX, Joomla, Blogspot dan lain sebagainya. Memang pada dasarnya berbagai platform ini bisa berjalan untuk seluruh layanan hosting secara umum. Namun ada baiknya kamu memilih layanan hosting yang benar-benar sesuai dengan platform yang akan kamu gunakan.

Jika kamu ingin membuat blog atau website untuk kebutuhan pribadi, dan kamu ingin menggunakan CMS WordPress maka cukup menggunakan paket  Hosting Murah (Shared Hosting) yang kisaran harganya belasan ribu rupiah per bulan. Dan cobalah untuk membaca adakan fitur yang memang sudah didesain untuk suport CMS WordPress. Adanya fitur suport terhadap platform yang akan digunakan ini akan memudahkan kamu dalam instalasi dan pengaturan lebih lanjut nantinya.

Namun jika kamu ternyata ingin membuat sebuah market place, atau membuat aplikasi yang membutuhkan layanan cukup besar, maka kamu bisa memulai dengan menentukan hosting dengan kapasitas yang lebih besar. Atau bahkan kamu bisa memulai memikirkan untuk menggunakan Phyton Hosting atau VPS yang akan mengakomodir kebutuhan aplikasi kamu.

Kebutuhan website ada di sini

Lokasi Target Pengunjung

Cara memilih hosting murah terbaik selanjutnya adalah terkait dengan lokasi target pengunjung. Ini juga sebagai bentuk memberikan kenyamanan dan keamanan data target pengunjung.  Untuk kamu yang memiliki target pembaca dari Indonesia, maka sudah seharusnya menggunakan provider web hosting yang memiliki data center di Indonesia juga.

Kenapa harus di Indonesia? Karena akan memangkas routin yang akan berdampak pada kecepatan loading. Ingat, pembaca website rata-rata tidak betah menunggu lama. Jadi jangan sampai artikel atau konten kamu tidak mendapatkan kunjungan gara-gara lama loading.

Jadi coba kamu pikirkan kembali, sebenarnya siapa target pembaca atau pengunjung website kamu?  Apa yang menjadi konten dari website kamu? Apakah informasi yang akan dikonsumsi atau dibutuhkan oleh orang luar, atau oleh orang dalam negeri. Bahasa apa yang kamu gunakan? Jangan sampai kamu sudah menentukan target luar negeri, tetapi ternyata konten kamu dalam negeri.

Selain itu dengan kamu membeli paket hosting dari penyedia layanan dalam negeri, akan memudahkan kamu dalam menjalin komunikasi atau meminta bantuan jika terjadi kendala. Selain itu keamanan dan teknologi, data center Indonesia saat ini juga tidak kalah canggih dengan yang ada di luar negeri. Sehingga sudah mumpuni untuk memberikan layanan terbaik.

 

Cara Memilih Hosting Murah dari Jumlah Domain

Salah satu yang kamu tentu inginkan mungkin saja memiliki website lebih dari satu dengan memanfaatkan layanan Addon Domain yang biasanya melekat dalam layanan hosting. Nah, berapa banyak sih jumlah domain yang kamu butuhkan untuk website addon kamu? Ini juga menjadi pertimbangan memilih hosting murah terbaik.

Kita tahu bahwa dalam pembelian hosting ada peraturan yang menyebutkan jumlah maksimal penambahan domain atau Addon Domain. Jadi, sebelum kamu memutuskan coba kamu cek lagi. Jangan sampai rencana kamu untuk bisa mengelola lebih dari satu website dalam satu hosting gagal berantakan gara-gara kamu salah memahami.

Membuat website lebih dari satu saat ini sudah hal yang wajar. Baik dalam bisnis atau pun sebagai seorang blogger. Karena website yang spesifik akan lebih mudah mendapatkan pengunjung atau calon pasar. Sehingga banyak orang membuat website dengan satu tema khusus. Dan ini membutuhkan keberadaan hosting terbaik yang bisa menampung lebih dari satu addon domain.

Untuk melihat seberapa banyak domain yang bisa kamu tambahkan untuk berbagai paket hosting terbaik yang ada, kamu bisa cek langsung pada setiap fitur addon domain yang mereka tawarkan. Biasanya mulai dari 3 domain,  5 domain, 11 domain, atau bahkan ada yang memberikan layanan addon domain tanpa batas.

 

Kebutuhan Website berkualitas 

Cara Memilih Hosting Murah Dari Kapasitas Hosting

Kapasitas hosting menjadi bagian penting dalam cara memilih hosting murah terbaik. Namun ini juga cukup rumit dalam menentukan. Umumnya pembeli membuat website dari nol, oleh karena itu kita tidak bisa menentukan kapasitas yang akurat untuk menghitung berapa kapasitas domain yang dibutuhkan.

Jadi kamu perlu untuk melalukan rincian terlebih dahulu, kamu hitung secara benar. Misalnya, jika kebutuhan kamu hanya untuk artikel konten, dalam satu tahun kamu bisa kalkulasikan apakah cukup sebesar 2 GB. Jika ternyata cukup, maka kamu bisa membeli dengan kapasitas itu.

Nah, di awal, kamu bisa menggunakan dengan kapasitas yang masih relatif kecil, intinya dapat kamu gunakan untuk menampung segala kebutuhan awal. Jika kemudian kamu membutuhkan kapasitas yang lebih besar, kamu bisa mengupgarade hosting kamu kapan pun kamu mau sesuai perubahan kebutuhan kamu.

Nah demikian pembahasan kita kali ini mengenai cara memilih hosting murah terbaik. Semoga pembahasan ini bisa memberikan gambaran untuk kamu dalam menentukan layanan hosting yang paling sesuai dengan kebutuhan website kamu.