Welcome to Our Website

5 Keutamaan Sedekah Subuh  

Zakat, Infak dan Sedekah Naik Selama Pandemik, Terbanyak via Aplikasi

Di dalam Islam, sedekah adalah salah satu amalan yang bisa mengantarkan pelakunya menuju surga Allah Subhana wa Ta’ala. Selain sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah, dari sisi sosial sedekah juga sangat bermanfaat untuk mengurangi ketimpangan sosial dengan cara membantu kaum yang lemah secara ekonomi.

Yang namanya sedekah sebenarnya bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Namun, banyak para ulama berpendapat bahwa ada waktu yang terbaik untuk mengeluarkan sedekah di jalan Allah, yakni saat subuh atau sebelum matahari terbit.

Waktu yang paling tepat untuk bersedekah Subuh adalah setelah melaksanakan sholat Subuh dengan memasukkan sedekah ke kotak amal. Jadi, untuk melakukan sedekah Subuh ini tidak harus mencari orang miskin atau anak yatim tetapi cukup membuat kotak amal dari botol atau kaleng.

Setiap amalan tentunya memiliki fadhilah atau keutamaannya masing-masing, begitupun dengan sedekah Subuh. Salah satu manfaat sedekah Subuh adalah dapat mengabulkan hajat kita dan masih banyak lagi yang lainnya.

Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini akan coba membahas tentang keutamaan atau manfaat dari sedekah Subuh sebagai berikut :

  1. Dua Malaikat datang Mendoakan

Ada banyak keutamaan bersedekah di waktu Subuh, salah satunya adalah ada dua malaikat yang mendoakan pelakunya. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda :

“Setiap awal pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satu berkata, “Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah”. Malaikat yang satu berkata, “Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil.” (HR. Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah).

Dari keterangan hadits di atas dapat disimpulkan bahwa barangsiapa yang memutuskan untuk memberikan hartanya, maka ia akan didoakan oleh malaikat supaya rezekinya menjadi semakin lancar dan berkah. Sebaliknya bagi mereka yang enggan bersedekah, maka ia akan didoakan supaya ditahan rezekinya.

  1. Dikabulkan Segala Permintaannya

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa keutamaan dari sedekah Subuh adalah dikabulkannya segala permintaan kita. Jadi, dengan bersedekah di Subuh hari yang diiringi doa bisa membantu terkabulnya permintaan, memperlancar rezeki, mengangkat segala penyakit, hingga memudahkan segala urusan yang sedang kita hadapi saat ini.

  1. Menghapus Dosa

Manfaat atau keutamaan sedekah Subuh lainnya adalah dapat menghapus dosa dan membawa ketenangan hati bagi orang yang melakukannya. Hal ini disebutkan dalam sebuah hadits sebagai berikut :

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi).

  1. Harta Lebih Berkah

Jangan pernah anda merasa takut miskin karena sering bersedekah. Soalnya, memberikan sedekah di waktu Subuh kepada orang yang membutuhkan, justru akan membuat harta anda semakin berkah. Artinya, harta anda akan diganti berlipat-lipat oleh Allah Subhana wa Ta’ala.

Walaupun demikian, saat bersedekah kita harus melakukannya secara ikhlas dan tulus supaya amalan diterima Allah Subhana wa Ta’ala. Jadi, bukan semata-mata bersedekah hanya mengharapkan mendapatkan imbalan yang lebih dari-Nya.

  1. Didekatkan Pada Pintu Surga dan Dijauhkan Dari Api Neraka

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda :

“Orang yang memberikan atau menyumbang dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga, ‘Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

“Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimat thayyibah.” (HR. Buhkari dan Muslim).