Welcome to Our Website

5 Jenis Penyembuhan Alternatif

5 Jenis Penyembuhan Alternatif

 

Pengunci Hati Pasangan – Selain pengo batan medis, beberapa orang juga ingin memanfaatkan pengo batan lain seperti Penyembuhan Alternatif. Pengo batan ini hadir dalam berbagai bentuk dan yang paling sering dipraktikkan antara lain:

 

1. Produk alami

 

Salah satu pendekatan pengo batan komplementer yang paling umum digunakan menurut National Center for Complementary and Integrative Health (NCCIH) adalah produk alami. Sering dijual dalam bentuk suplemen makanan, produk alami mungkin termasuk herbal, probiotik, antioksidan, asam lemak omega-3, bahan kimia seperti glukosamin sulfat dan kondroitin sulfat (dua suplemen yang dikatakan membantu dalam pengo batan osteoartritis), dan berbagai zat lainnya.

 

2. Terapi pikiran-tubuh

 

Kategori kedua dari pendekatan pengo batan komplementer yang paling umum dipraktekkan, menurut NCCIH adalah terapi pikiran-tubuh. Biasanya melibatkan penggunaan teknik khusus untuk meningkatkan kapasitas pikiran untuk mempengaruhi fungsi tubuh dan meningkatkan kesehatan.

 

Hipnoterapi adalah jenis terapi pikiran-tubuh yang populer. Juga dikenal sebagai hipnosis, terbukti dapat menurunkan berat badan, meredakan sakit punggung, dan membantu dalam berhenti merokok dalam beberapa penelitian ilmiah.

 

Selain itu, ada pula meditasi yang merupakan pendekatan untuk mencapai tekanan darah yang lebih sehat dan tidur yang lebih nyenyak. Ada juga beberapa bukti bahwa meditasi dapat bermanfaat bagi orang yang berjuang dengan rasa sakit kronis, kecemasan, ketakutan, dan depresi.

 

Jenis terapi pikiran-tubuh lainnya termasuk biofeedback, perumpamaan terpandu, dan terapi musik.

 

3. Sistem medis alternatif

 

Banyak pendukung terapi penggunaan pengo batan komplementer dan alternatif serta praktik penyembuhan dari sistem medis alternatif. Seperti homeopati dan pengo batan naturopati.

 

Sistem Pengo batan Alternatif juga mencakup sistem pengo batan tradisional dari negara lain, seperti Ayurveda (suatu bentuk pengo batan alternatif yang berasal dari India) dan pengo batan tradisional China (TCM). Dalam TCM ada sejumlah terapi yang sering digunakan di AS seperti akupunktur, akupresur, dan pengo batan herbal.

 

4. Metode Manipulatif dan Berbasis Tubuh

 

Jenis pengo batan komplementer dan alternatif ini didasarkan pada manipulasi dan atau gerakan dari satu atau lebih bagian tubuh. Dalam beberapa kasus, metode manipulatif dan berbasis tubuh melibatkan partisipasi dalam kelas atau sesi individu dengan tujuan mengubah kebiasaan gerakan kamu.

 

Misalnya, Teknik Alexander melibatkan pembelajaran ulang gerakan dasar (seperti berdiri dan duduk) untuk mengurangi ketegangan otot. Sedangkan Metode Feldenkrais melibatkan pembuatan pola gerakan baru untuk meningkatkan fungsi fisik dan kesejahteraan secara keseluruhan.

 

Jenis metode manipulatif dan berbasis tubuh lainnya yang digunakan dalam pengo batan komplementer dan alternatif berfokus pada penerapan pengo batan khusus untuk mengatasi masalah kesehatan. Metode ini termasuk pijat refleksi, osteopati, dan rolfing. Dua jenis metode manipulatif dan berbasis tubuh yang paling populer dan banyak diteliti adalah chiropraktik dan terapi pijat.

 

5. Terapi energi

 

Jenis pengo batan komplementer dan alternatif lainnya adalah terapi energi yang didasarkan pada gagasan bahwa, medan energi mengelilingi dan menembus tubuh manusia. Praktisi terapi energi sering bertujuan untuk memanipulasi biofield dengan memberikan tekanan dan atau menempatkan tangan ke dalam atau melalui medan energi ini.

 

Meskipun keberadaan medan energi ini belum terbukti secara ilmiah, terdapat beberapa bukti bahwa terapi energi tertentu mungkin memiliki efek yang menguntungkan. Misalnya, penelitian tahun 2011 telah menunjukkan bahwa melakukan qigong, sebuah praktik gerakan tradisional Tiongkok dapat membantu mengontrol nyeri kronis dan menurunkan tekanan darah sementara Therapeutic Touch dapat membantu meredakan nyeri osteoartritis.

 

Selain itu, ada beberapa bukti bahwa Reiki dapat membantu mengurangi nyeri, meningkatkan tidur yang sehat, dan mengurangi kecemasan.