5 Cara Melakukan Senam Aerobik yang Benar

5 Cara Melakukan Senam Aerobik yang Benar

Selain olahraga yoga, senam aerobik merupakan kegiatan favorit para wanita segala usia untuk menurunkan berat badan secara maksimal. Tidak hanya sekadar program diet saja, olahraga ini bisa memberikan manfaat kesehatan seperti menstimulasi denyut jantung, meningkatkan saluran pernapasan, membuat tulang dan otot lebih kuat, serta masih banyak manfaat senam aerobik yang lain.

Melakukan senam aerobik dengan benar

Buat Anda yang ingin mendapatkan manfaat kesehatan dari kegiatan aerobik, sebaiknya ketahui trik melakukan senam yaitu :

1.   Lakukan secara rutin

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang melakoni senam dalam durasi lama tidak akan mendapatkan manfaat seefektif orang yang rutin senam dalam waktu singkat. Jadi, manfaatkan waktu setengah jam untuk melakukan kegiatan senam setidaknya tiga kali dalam sepekan.

2.   Melakukan pemanasan lebih dulu

Pemanasan sebelum olahraga berat bisa meregangkan tubuh agar terhindar dari risiko cedera atau meningkatkan kesiapan tubuh. Anda pasti ingin melakukan kegiatan senam dengan maksimal tanpa kram, bukan?

3.   Melakukan rangkaian kegiatan senam

Jika Anda mengikuti kegiatan senam aerobik bersama pelatih atau rekan, sah-sah saja. Namun Anda yang tidak bisa mengikuti kegiatan senam bersama pelatih, bisa melakukan kegiatan olahraga di rumah saja. Artikel parenting merekomendasikan beberapa gerakan yang bisa Anda lakukan selama olahraga di rumah akibat situasi pandemic corona dewasa ini.

Gerakan yang bisa Anda lakukan saat olahraga aerobik di rumah antara lain rocket jump, squat jump, squat dan burpee. Gunakan gawai Anda untuk mencari informasi baik berupa artikel atau video tutorial senam di rumah, ya!

4.   Melakukan pendinginan

Jika kegiatan olahraga Anda dirasa sudah cukup, maka lakukan pendinginan agar mengurangi risiko nyeri pada otot setelah beberapa lama. Pendinginan setelah olahraga memiliki fungsi membantu mengurangi kelelahan otot, menjaga fleksibilitas otot dan mencegah stress.

5.   Mulai intensitas ringan dulu

Jika Anda baru saja hendak memulai aktivitas senam, sebaiknya lakukan kegiatan dengan intensitas ringan lebih dulu. Misalnya Anda melakukan senam pada hari pertama selama 5 menit saja, lalu diikuti penambahan durasi pada hari-hari selanjutnya secara bertahap. Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terkait.

Senam aerobik yang terlalu keras bisa membahayakan kesehatan penderita arthritis dan ibu hamil. Kalau ingin mendapatkan manfaat kebugaran tubuh secara optimal, konsultasi merupakan solusi terbaik untuk Anda yang memiliki risiko kesehatan tertentu.

Tips melakukan kegiatan senam aerobik di atas bisa Anda jadikan referensi. Senam bisa menjadi kegiatan pengisi waktu luang selama WFH atau pembatasan aktivitas fisik di luar ruangan akibat virus corona. Tak hanya menyenangkan, senam bisa menjadi kegiatan rutin yang menyehatkan dan mengakrabkan hubungan Anda dan keluarga. Risiko stress selama menjalani aturan di rumah saja bisa Anda kelola dengan baik, bukan?

This entry was posted in Tips Trik. Bookmark the permalink.