Welcome to Our Website

4 Makanan yang Mengandung Zat Besi Tinggi

4 Makanan yang Mengandung Zat Besi Tinggi

4 Makanan yang Mengandung Zat Besi Tinggi

Tau kah kamu bahwa , tubuh yang kebutuhan zat besinya tercukupi akan terhindar dari yang namanya anemia?

Tubuh akan mudah lelah ketika mengalami anemia, hal ini di karenakan asupan zat besi yang tidak tercukupi berakibat pada di dalam sel darah merah protein berserta hemoglobinnya tidak tercukupi sehingga oksigen yang seharusnya dibawah ke otak tidak terpenuhi seperti yang seharusnya. Selain mengalami anime yang berakibat sering lelah, tapi juga bisa mengalami gangguan kesehatan pada jantung dan pernapasan. Oleh sebab itu pentingnya zat besi pada tubuh manusia.

Zat Besi juga sangat penting untuk meningkatkan kosentrasi, karena jumlah oksigen di otak tercukupi dengan baik. Seperti yang tadi sudah sedikit di bahas, zat besi berpengaruh pada jumlah hemoglobin yang membawa oksigen ke otak dan seluruh tubuh.

Bagi kamu yang ingin meningkatkan kadar hemoglobin bisa mengkonsumsi makan yang mengandung zat besi dibawah ini

  1. Kerang

Ada berbagai jenis kerang yang tersedia di pasar saat ini  dan hampir semua kerang yang di jual di pasar rata-rata mengandung zat besi. Dengan mengkonsumsi kerang sebanyak 3,5 gram maka akan mendapatkan zat besi kurang lebih 3 mg. Meskipun begitu setiap jenis kerang memiliki jumlah zat besi yang berbeda-beda.

Kerang tidak hanya memberikan orang yang mengkonsumsi mendapatkan asupan zat besi, tapi juga protein, vitamin C dan Vitamin B12.

  1. Bayam

Mungkin ada orang orang yang tidak bisa makan kerang karena bermasalah pada kolestrol, solusinya dengan mengkonsumsi sayur bayam. Dengan mengkonsumsi bayam 3.5 ons saja setiap harinya maka kamu mendapatkan zat besi kurang lebih 2,7 mg dan mampu memenuhi kebutuhan harian zat besi sekitar 15%. Bayam juga mengandung vitamin C yang tinggi yang meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi dengan cepat.

  1. Hati dan Jeroan Sapi atau Ayam

Mungkin kamu atau orang di sekitarmu setelah operasi pernah di suruh mengkonsumsi hati atu jeroan ayam. Nah tujuan kenapa di berikan kedua makanan tersebut yaitu untuk meningkatkan hemoglobin yang mana untuk meningkatkannya di butuhkan Zat Besi, sedangkan hati dan jeroan mengandung zat besi yang setiap 3,5 onsnya mengadung 6 mg zat besi yang mampu memenuhi kebutuhan zat besi 37 % pada tubuh manusia. Jauh lebih tinggi di bandingkan kerang dan  bayam.

  1. Borkoli

Selain bayam sayur lainnya yang mengandung zat besi adalah brokoli.  Yang setiap mengkonsumsi 156 gram brokili akan mendapatkan zat besi 1 mg dan mampu memenuhi kebutuhan zat besi hingga 1% dari yang di butuhkan oleh tubuh.

Mungkin dari daftar makanan di atas semuanya tidak suka ketika di haruskan mengkonsumsinya, tapi yang ingin mendapatkan manfaat zat besi bisa menggantinya dengan suplemen baik yang berbentu bubuk ataupun pil.