4 Jenis Kebaya Indonesia Yang Harus Kamu Ketahui

Kebaya Indonesia sudah terkenal tidak hanya kepada masyarakat lokal akan tetapi Internasional. Memakai kebaya dapat menjadikan wanita tampak anggun juga elegan, maka dari itu tidak heran apabila kebaya sering di pakai di berbagai acara penting seperti pernikahan, pesta, lamaran dan lain sebagainya.

Kebaya zaman dahulu dengan kebaya zaman sekarang pun berbeda, saat ini banyak sekali penggiat fashion Indonesia yang memodifikasi kebaya menjadi kebaya modern. Untuk menambah wawasan kamu tentang kebaya di Indonesia, kenali beberapa jenis kebaya berikut ini.

 

  1. Kebaya Kutubaru

Model kebaya ini biasanya dihiasi dengan ornamen yang khas serta aksen embroidery juga hiasan manik-manik pada kain brokat. Bagi kamu yang memiliki postur tubuh yang tinggi, kebaya ini sangat cocok untuk kamu karena akan memberikan kesan tubuh kamu lebih tegas dan jenjang.

 

  1. Kebaya Bali

Model kebaya yang berasal dari bali ini memiliki ciri khas terbuat dari brokat atau bahan katun kemudian dipadukan dengan pemakaian obi di daerah pinggang. Kebaya Bali memberikan kesan pada pemakainya sederhana namun tetap elegan sehingga cocok untuk acara semi formal.

 

  1. Kebaya Jawa

Kebaya Jawa biasanya identik dengan potongan leher yang membentuk huruf V, tidak jauh beda dengan kebaya Bali, kebaya jawa juga memberikan kesan yang simple, sederhana akan tetapi tetap anggun dalam pemakaiannya. Biasanya kebaya jawa di padukan dengan bawahan batik agar terlihat lebih tradisional.

 

  1. Kebaya Encim

Mungkin tidak banyak orang tahu tentang kebaya ini karena model kebaya yang satu ini merupakan perpaduan model budaya Melayu dengan budaya China. Kebaya ini terbuat dari bahan organdi, memiliki potongan kerah V seperti kebaya jawa, kemudian dihiasi dengan aksen embroidery yang memiliki model bunga atau floral. Kita bisa lihat dari berbagai macam perpaduan bahan dan aksesoris tersebut, kebaya encim merupakan salah satu kebaya yang sangat cocok di gunakan pada acara pesta.

4 jenis kebaya di atas merupakan jenis yang paling umum di gunakan pada penggiat fashion kebaya di Indonesia. Akan tetapi kamu tidak perlu berpatok kepada satu model, kamu bisa membuat kebaya kamu dengan desain kamu sendiri yang memadukan semua jenis kebaya di atas sesuai dengan selera. Melakukan konsultasi dengan fashion designer yang berpengalaman juga bisa menjadi salah satu opsi utama kamu sebelum kamu ingin membuat kebaya kamu sendiri. Kamu juga bisa mendalami perihal fashion dengan bekerja di perusahaan fashion melalui recruitment Indonesia.

This entry was posted in Konveksi and tagged , , . Bookmark the permalink.