Welcome to Our Website

3 Masalah yang Menjadi Pertanda Perusahaan Membutuhkan Software HRIS Indonesia

Meskipun penggunaan software HRIS Indonesia sudah banyak dilakukan oleh berbagai perusahaan. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyak pula yang hanya mengandalkan Microsoft Excel untuk keperluan administrasi HR. Padahal beberapa masalah seperti berikut ini sudah menjadi pertanda bahwa anda perlu beralih ke human resource information system.

Pertanda Bisnis Memerlukan HRIS

1. Proses Payroll yang Tidak Efektif

Microsoft Excel memang mempunyai sejumlah rumus yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan HR. Meskipun begitu, perangkat lunak tersebut tetap memiliki keterbatasan untuk menjalankan fungsinya dalam bidang ini. Misalnya ketika data yang ingin diperbarui semakin banyak.

Maka HR pun tetap perlu memasukkan data tersebut satu per satu. Contohnya menghitung absensi karyawan, dimana HR perlu mengunduh data dari mesin fingerprint terlebih dahulu. Kemudian menghitung data absensi karyawan tersebut satu per satu untuk keperluan payroll bagi setiap karyawan.

Tentu cara manual seperti itu akan sangat memakan waktu, yang padahal bisa digunakan untuk melakukan hal bermanfaat lainnya. Bahkan cara konvensional seperti ini cenderung rawan terhadap human error. Namun berbeda ketika menggunakan software HRIS Indonesia yang terintegrasi antara payroll dan absensi karyawan, sehingga prosesnya berjalan otomatis.

2. Kurang Menopang Pertumbuhan Bisnis

Perkembangan bisnis yang cepat sudah pasti menjadi keinginan bagi setiap pengusaha. Namun ketika anda masih menggunakan sistem administrasi konvensional, rasanya anda harus siap jika pertumbuhan bisnis akan sedikit terhambat. Pasalnya pertumbuhan bisnis identik dengan ekspansi dan perekrutan karyawan secara besar besaran.

Kondisi tersebut membuat tugas HR pun bertambah perihal mengurus administrasi karyawan. Di sisi lain, menambah karyawan untuk divisi HR juga bukan solusi yang tepat bagi perusahaan. Sehingga HR pun akan kewalahan dalam mengurus administrasi karyawan dan ekspansi bisnis tersebut. Apabila kondisi seperti ini terjadi, maka itulah saat yang tepat untuk menggunakan software HRIS.

3. Administrasi yang Tidak Tercatat dengan Baik

Administrasi yang tidak tercatat dengan baik menjadi salah satu pertanda bahwa perusahaan membutuhkan software HRIS Indonesia. Sebab proses pencatatan administrasi yang dilakukan secara manual dapat menyisakan ruang error cukup tinggi. Seperti absensi karyawan yang tidak terdeteksi meskipun sebenarnya mereka sudah absen.

Ada juga masalah terkait proses pengajuan cuti yang bisa memakan waktu cukup lama, dan ujung ujungnya tidak tercatat sehingga membuat HR kesulitan melacak jatah cuti untuk masing masing karyawan. Jika demikian, maka proses absensi sampai pengajuan cuti yang dapat dilakukan secara online melalui sistem HRIS tentu menjadi solusi terbaik.

Berbagai masalah di atas tidak hanya memperberat tugas HR, tapi juga bisa merugikan karyawan maupun perusahaan itu sendiri. Jadi sebaiknya anda segera mempertimbangkan untuk menggunakan software HRIS untuk keperluan bisnis. Salah satu software yang bisa anda gunakan yaitu SPISy dari Sakura System, dengan fitur yang dapat menjawab berbagai masalah seperti di atas.