Welcome to Our Website

25 Permainan Tradisional Generasi 90an

Jaman sudah berbeda. Anak-anak kecil saat ini semakin banyak bermain handphone dibanding permainan di luar rumah yang mengikutsertakan kegiatan fisik. Berbeda dengan jaman generasi 90an, anak-anak juga jarang-jarang berhubungan satu sama lain dan menjadi lebih individualis. Banyak yang kemudian asik sendiri lewat tablet mereka.

25 Permainan Tradisional Generasi 90an

Walau sebenarnya, permainan-permainan tradisional yang dimiliki Indonesia demikian hebat, bermacam dan mengikutsertakan kegiatan motorik pada anak supaya ia selalu aktif, gesit, dan bisa berhubungan dan merajut persahabatan keduanya. Aduh… rindu sekali dech dengan permainan-permainan kuno ini!

Dikutip dari mpotimes, permainan angkatan 90an ada banyak disukai di sejumlah wilayah. Ingin tahu, yok langsung baca saja 25 Permainan Tradisional Generasi 90an.

1. Petak Umpet
Permainan ini mengharuskan seseorang jadi penjaga dan tutup matanya sesuai waktu ditetapkan. Selanjutnya yang lain harus cari tempat persembunyian yang bagus, supaya tidak ketangkap oleh sang penjaga.

2. Bola Bekel
Jaman sudah berbeda. Anak-anak kecil saat ini semakin banyak bermain handphone dibanding permainan di luar rumah yang mengikutsertakan kegiatan fisik. Anak-anak juga jarang-jarang berhubungan keduanya dan jadi lebih individualis. Permainan lama juga mereka meninggalkan, dan jadi asyik sendiri dengan tablet semasing.

Walau sebenarnya, permainan-permainan tradisionil yang dipunyai Indonesia demikian hebat, bermacam dan mengikutsertakan kegiatan motorik pada anak supaya ia selalu aktif, gesit, dan bisa berhubungan dan merajut persahabatan keduanya. Aduh… rindu sekali dech dengan permainan-permainan kuno ini! Yok langsung baca saja beberapa macam permainan tradisionil zaman dahulu dan langkah permainannya berikut ini.

3. Gasing
Lemparkan gasing itu ketanah, dan diamkan ia berputar-putar. Orang yang gasingnya paling lama berputar-putar atau dapat bertahan, karena itu dia yang menang.

4. Main Congklak
Kamu akan memperoleh biji dan tempat berupa bundar-bundar. Pekerjaanmu ialah ambil biji yang ada di dalamnya dan masukan sebanyaknya ke lubang biji yang kamu punyai. Biji paling banyak ialah juaranya.

5. Lompat Tali
Kamu dapat bermain sendiri atau ramai-ramai. Ada 2 orang rekan yang bakal memutar tali dari segi kanan dan kiri, dan kamu akan melompati tali itu untuk melalui beberapa tingkat.

6. Dolip-dolipan (Kejar-kejaran)
Diperlukan minimal 3 orang untuk bermain dolip-dolipan, dan kamu dapat selamatkan diri dengan menyimpan jemari telunjuk dibibir. Kamu dapat bergerak kembali dari tempat bila temanmu telah sentuh punggung dan kembali lari kembali.

7. Gobak Sodor atau Hadang
Pekerjaanmu ialah jaga supaya temanmu tidak melalui batasan yang sudah dibikin. Jika semua musuh masuk ke wilayahmu, karena itu kamu akan kalah.

8. Engklek
Kamu wajib buat melonjak di kotak-kotak yang ada untuk ambil biji atau batu yang telah dilempar awalnya.

9. Bermain Bola Sepak
Buat gawang dan ketentuannya sendiri, atau tinggal ikuti ketentuan sepak bola, dan kamu dapat bermain dengan ria sampai sore.

10. Layang-layang
Cukup mencari lapangan luas yang jarang-jarang ada orang, dan terbangkan layangan itu dengan tinggi mungkin.

11. Ular Naga
Permainan ini diawali dengan nyanyian. Saat lagu telah stop, anak yang ada ditengah-tengah diamankan. Di saat paling akhir, 2 orang di paling depan akan sama-sama merampas mangsa.

12. Boneka Kertas
Anak wanita benar-benar sukai memainkan permainan ini karena demikian lucu dan mempertajam kreasi untuk memasang baju-baju pada boneka.

13. Tepuk Tazos
Anak lelaki benar-benar sukai dengan permainan ini. Makin kuat tazos yang kamu punyai, karena itu makin memberikan keuntungan. Tazos yang kebalik kalah, dan yang kalah harus memberinya tazos itu ke juaranya.

14. Ular Tangga
Selainnya ular tangga, permainan yang satu paket biasanya monopoli . Maka, kamu harus capai kotak paling akhir dari ular tangga itu, biasanya ada 100 kotak.

15. Yoyo
Permainan yoyo demikian populer pada tahun akhir 90an. Ada beragam jenis pergerakan dan tehnik dari yoyo.

16. Permainan Kucing dan Tikus
Maka kamu bersama rekan-rekan membuat satu lingkaran besar dan ada 2 orang yang bakal bermain. Satu jadi kucing dan satu kembali jadi tikus. Mereka sama-sama kejar-kejaran, dan kamu dapat selamatkan tikus dengan masukkan ke lingkaran dan kamu harus merintangi kucing untuk masuk ke lingkaran yang sudah dibikin.

17. Ambil Tambang
Lomba menarik tali, bila tali telah masuk ke tempat musuh dan orang pertama melalui batasan, karena itu ia kalah.

18. Lempar Bola
Akan ada setumpuk kaleng yang perlu dihancurkan dengan lemparan bola punyamu.

19. Bedil Bambu dan Bedil Buluh
Lewat alat bambu, kamu harus melumpuhkan sasaran yang ada dengan mem”bedil” atau tembak mereka.

20. Balap Karung
Sekalian memakai karung, kamu harus melompat-lompat capai garis finis. Siapa saja yang sukses melaluinya lebih dulu ialah pemenangnya.

21. Enggrang
Kamu harus naiki kayu itu dan jalan memakainya sampai garis finis.

22. Permainan Tali
Dari karet yang ada, kamu dapat mainkan dan menyangkutkannya menjadi satu bentuk unik, misalkan saja jembatan.

23. Panjat Pinang
Pekerjaan dari pemanjat ialah ambil barang sebanyaknya yang berada pada ujung tiang.

24. Terompah Panjang atau Bakiak
Permainan ini memerlukan kesolidan. Dimainkan lebih dari 2 orang supaya makin hebat, banyak yang jatuh karena kurang solid, apa lagi kaki mereka diikat pada sebuah bakiak.

25. Pacak Lele
Kamu harus melemparkan kayu kecil dan memukulnya. Permainan ini memerlukan keakuratan, ketepatan, dan kecepatan tangan.

Seru ya, itu tadi 25 Permainan Tradisional Generasi 90an yang masih dimainkan sama anak jaman sekarang.