Welcome to Our Website

10 Oleh-Oleh Khas Jayapura yang Paling Populer

Selaku penduduk asli Indonesia, kamu tidak boleh melupakan aktivitas eksplorasi ke Papua serta memahami lebih dalam keelokan yang begitu menarik hati. Tidak hanya mendatangi wisata di Papua, kamu harus mencari oleh- oleh khas Jayapura yang dapat dibagikan kepada keluarga di rumah. Semacam santapan sampai kerajinan unik yang susah ditemui di wilayah lain. Berikut catatan rekomendasinya.

1. Sagu Lempeng

Untuk sebagian dari kamu bisa jadi ketahui kalau penganan pokok warga Jayapura merupakan sagu. Tetapi, olahan sagu nyatanya tidak cuma Papeda saja, warga dekat pula sering mencerna sagu jadi Lempeng. Apalagi, olahan Sagu Lempeng tidak cuma disukai warga Jayapura saja. Sebagian wilayah semacam Maluku, Kalimantan, Serta Riau pula gemar menyantap penganan ini.

Santapan khas Jayapura ini mempunyai proses masak yang tidak jauh beda dengan pembuatan roti basah berbahan sagu. Dengan prosesi sedemikian rupa menjadikan Sagu lempeng mempunyai cita rasa yang cenderung tawar. Tetapi bersamaan dengan berjalannya waktu, penduduk setempat meningkatkan bermacam rasa manis dikala membuat Sagu Lempeng.

Sagu Lempeng terbuat dengan bonus kelapa parut serta gula merah yang menghasilkan rasa gurih serta manis. Dengan Daun Bungkus Tiga Jari Papua perpaduan cita rasa tersebut, Sagu Lempeng sesuai dijadikan selaku sahabat minum kopi ataupun teh panas. Sayangnya, pembuatan Sagu Lempeng cenderung dijadikan selaku santapan satu hari hari serta tidak sering dijual. Tetapi, kamu masih dapat menciptakannya di pasar tradisional.

2. Abon Gulung

Bila dilihat secara visual, Abon Gulung Jayapura mempunyai wujud bundar lonjong bercorak kecokelatan dengan tumpukan abon yang setelah itu dibungkus kulit roti. Taburan wijen dengan serpihan daging kecil serta daun bawang membuat kudapan yang satu ini terus menjadi menggelitik nafsu makan tiap orang yang melihatnya. Aroma yang gurih serta khas pula jadi energi tarik tertentu.

Abon gulung ini ialah santapan yang sangat populer di Jayapura serta daerah Papua sekitarnya. Apalagi, banyak para turis luar wilayah yang memburu penganan ini buat dijadikan selaku oleh- oleh. Kala digigit Abon Gulung hendak membagikan sensasi lembut yang lama kelamaan jadi padat. Kepadatan inilah yang bisa membuat perut kenyang.

Umumnya, kuliner Abon Gulung dijajakan dengan bermacam- macam wujud penyajian. Terdapat yang dibungkus dengan kemasan karton sampai kemasan plastik. Biayanya juga pula sangat variatif bergantung dari jenisnya. Biasanya, buat tiap kemasan karton dibanderol dengan harga kisaran mulai dari Rp. 80 ribu sampai ratusan ribu rupiah.

3. Keripik Keladi

Penganan yang satu ini umumnya diucap dengan Sang Renyah Dari Papua. Alasannya, keripik keladi memanglah mempunyai tekstur renyah, gurih, serta nagih. Jajanan ini sangat gampang ditemui serta didapatkan bila mendatangi pusat oleh- oleh yang tersebar di segala bagian Kota Jayapura. Tiap kemasan keripik keladi dibanderol dengan kisaran harga yang sangat terjangkau.

Buat dimensi lagi keripik keladi dihargai dekat Rp. 15 ribuan, sebaliknya dimensi kemasan jumbo dipatok dengan harga kisaran dekat Rp. 25 ribuan saja. Dengan harga yang sangat murah, kamu telah dapat memperoleh jajanan yang memiliki karbohidrat besar serta rendah lemak dengan isi serat yang baik buat memperlancar sistem pencernaan.

4. Kue Sagu Bagea Jayapura

Cocok dengan namanya, jajanan yang satu ini berbahan dasar sagu dengan bonus bahan lain, semacam tepung terigu, gula, biji kenari, cengkih, kayu manis, serta kacang tanah. Terdapatnya bonus bahan rempah rempah pada Kue Bagea sukses menghasilkan cita rasa unik yang khas serta susah ditemui di wilayah lain.

Umumnya, kue Sagu Bagea diisi dengan kacang hijau buat menaikkan cita rasa gurih dikala digigit. Tidak hanya itu, kue Sagu Bagea tipe tawar umumnya dimakan sambil menyantap ikan kuah kuning yang jadi ikon Papua. Kue bercorak cokelat ini telah tersebar di segala wilayah berpenduduk yang salah satunya merupakan Maluku, Manokwari, serta wilayah pokok sagu yang lain.

5. Bahan Masakan Serta Obat Sarang Semut

Bumi Papua menaruh bermacam- macam obat obatan tradisional yang dipercaya jitu menyembuhkan sebagian tipe penyakit. Salah satu bahan santapan serta obat obatan herbal yang dapat ditemui di Jayapura yakni Sarang Semut. Sarang Semut ialah olahan tanaman tipe benalu yang diolah sedemikian rupa sampai menciptakan sesuatu santapan buat sembuhkan penyakit.

Umumnya, Sarang Semut pula berkembang serta melekat di tumbuhan lain yang banyak ditemui di Jayapura. Biasanya, Sarang Semut diolah selaku kombinasi santapan yang bisa membagikan khasiat luar biasa dalam menyembuhkan penyakit. Isi dalam Sarang Semut dipercaya selaku antioksidan serta anti kanker yang telah teruji khasiatnya.