Tips Memilih Kulkas Mini Anti Ribet

December 16, 2019 0 By Nadine

Seiring berkembangnya jaman kebutuhan kulkas semakin meningkat. sekarang tidak ada rumah yang tidak memiliki kulkas bahkan punya lebih dari satu, balada yang terjadi saat kebutuhan kulkas meningkat adalah luas rumah yang tidak terlalu besar sehingga apabila memiliki 2 kulkas yang sama besar akan membuat rumah menjadi sempit, karena salah satu alasan tersebutlah kini kulkas mini banyak diminati oleh masyarakat. Kulkas mini adalah kulkas yang memiliki ukuran kurang dari 100 liter. Biasanya orang membutuhkan kulkas mini ini hanya sebagai tambahan misal ingin ditempatkan di rumah tamu untuk kebutuhan tamu, atau di ruang keluarga untuk menyimpan snack atau minuman agar tidak jauh ambil ke dapur saat sedang beraantai ataupun untuk ditempatkan di kamar untuk mengatasi dahaga di malam hari. Mengingat kulkas mini hanya sebagai kebutuhan tambahan inilah menjadikan pemilihan kulkas mini menjadi suatu perhatian, misal ingin yang daya listriknya kecil, yang tidak terlalu bising, dan sebagainya. Maka berikut ini akan kami berikan tips memilih kulkas mini anti ribet sesuai dengan kebutuhan anda:

1. Pilih kulkas dengan kapasitas sesuai kebutuhan

Jika anda ingin menjadikan kulkas mini sebagai kulkas kedua anda yaitu hanya untuk menyimpan sedikit makanan atau minuman yang anda letakkan di ruang tamu, kamar tidur, atau ruang keluarga maka pilihlah kulkas yang memiliki kapasitas 50 liter, karena akan mengurangi kebutuhan tempat dan juga daya jadi bisa hemat listrik. Atau mungkin bagi anda yang tinggal sendiri, atau anda yang tidak suka masak dan sering membeli makan di luar maka kulkas mini dengan ukuran 50-100 liter sudah sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan anda.

2. Pilihlah kulkas dengan dua pintu jika anda ingin menggunakan freezer

Mungkin kebanyakan dari anda menganggap kulkas mini itu semua hanya memiliki satu pintu, oh tidak, sekarang sudah mulai berkembang kulkas mini dengan menggunakan dua pintu, kulkas mini dengan dua pintu ini pada bagian atasnya adalah freezer sehingga anda dapat menyimpan makanan beku atau ice cream disana. Berbeda dengan kulkas mini satu pintu, ia tidak dapat menyimpan makanan beku walaupun pada bagian atas nya juga terdapat space seperti freezer namun sebenarnya tidak demikian karena space tersebut hanya sebagai ice tray sehingga jika makanan beku ditaruh disana akan tetap menjadi leleh. 

3. Pertimbangkan jarak pembuangan panas 

Kulkas mini sistem kerjanya masih sama dengan kulkas ukuran besar yaitu tetap mengeluarkan panas, maka dari itu bukan berarti dia kecil sehingga dapat ditempatkan di mana saja, misal diatas meja, di pojokan rumah, atau dimanapun tanpa memberikan ruang untuk pengeluaran panasnya,  Itu salah. Jadi anda harus tetap memberi jarak sekitar 5 cm pada setiap bagian yaitu kanan, kiri, belakang, atas, dan bawah agar kulkas dapat bekerja optimal dan tidak mudah rusak. Namun jika memang anda tidak memiliki ruang yang cukup besar untuk meletakkan kulkas tersebut beserta dengan space nya maka pertimbangkan untuk memilih kulkas dengan ukuran lebih kecil lagi. 

4. Periksalah arah bukaan pintu 

Mengingat pemilihan kulkas mini ini adalah sebagai kulkas kedua dan untuk menambah kepraktisan serta kenyamanan maka anda perlu cek berbagai aspek dari kulkas agar niat anda mencari kenyamanan dan kepraktisan tercapai bukan malah ribet sendiri. Salah satu hal yang terlihat remeh namun wajib perlu anda cek adalah arah bukaan pintu, sesuaikan dengan tempat yang akan anda gunakan untuk meletakkan kulkas tersebut, misal jangan sampai bukaan kulkas akan membelakangi shofa atau tempat tidur anda karena hal ini akan menyulitkan anda saat akan mengambil makanan. Jadi pertimbangkan arah bukaan pintunya kemana ke kanan atau kiri atau bahkan anda butuh yang bisa dibuka ke dua arah. Memang kebanyakan arah pintu kulkas mini yang sekarang beredar adalah bukaan ke kanan, namun sudah banyak juga yang pintu nya dapat dibuka ke kiri atau ke kanan dan ke kiri. Hal ini juga dapat menjadi bahan pertimbangan jika anda orang yang kidal.