RS Urip Sumoharjo Bandar Lampung, Sahabat Sehat Pilihan Masyarakat

Bagi warga Lampung dan Sumatera Selatan, rumah sakit Urip Sumoharjo merupakan salah satu rumah sakit besar dengan fasilitas penunjang yang lengkap untuk sarana kesehatan masyarakat. Didirikan sejak tahun 2001, rumah sakit ini kini menyandang status sebagai rumah sakit swasta umum setara tipe B non pendidikan. Dengan nuansa Islami, RSUS telah mendapatkan predikat dari Jamsostek sebagai rumah sakit yang tertib administrasi dan memberikan pelayanan terbaik se Sumbangsel. Penghargaan juga diterima dari BPJS Ketenagakerjaan sebagai rumah sakit yang tertib dalam pembayaran iuran.

Sebagai rumah sakit besar, tentu RSUS memiliki layanan rawat jalan yang buka setiap harinya. Rawat jalan terbagi menjadi poli rawat jalan dan instalasi gawat darurat yang juga bisa sebagai alur untuk rawat inap jika dibutuhkan. Poliklinik rawat jalan buka setiap harinya dari Senin hingga Sabtu. Anda bisa memilih untuk mendaftar di pemeriksaan pagi ataupun sore dengan jam pendaftaran dari pukul 08.00 hingga 21.00. Rumah sakit juga menyediakan layanan telepon untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu di dua nomor yaitu 08117257438 dan 08117257430. Selain poliklinik, rumah sakit juga memiliki layanan fisioterapi untuk pasien yang membutuhkan dan layanan hemodialisa untuk pasien gagal ginjal.

RSUS sebagai rumah sakit umum dan lengkap memiliki berbagai fasilitas penunjang medis untuk diagnosa maupun pengobatan. Berikut ini adalah beberapa contoh fasilitas penunjang medis yang bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan pasien:

  1. Endoscopy THT.
    Endoscopy THT merupakan prosedur medis yang digunakan untuk mengetahui kondisi organ dalam secara langsung dalam hal ini adalah rongga hidung, telinga, tenggorokan, laring, esofagus dan bronkus. Prosedur ini akan memasukkan alat kecil dan kamera ke dalam area organ yang ingin diperiksa sehingga dokter dapat melihat gangguan kesehatan yang terjadi dengan lebih detail.
     
  2. Elektro Enselo Grafi (EEG).
    Merupakan prosedur perekaman aktifitas listrik di otak dimana neuron otak mengeluarkan gelombang listrik kecil yang mampu ditangkap oleh alat EEG. EEG akan merekam aktivitas tersebut untuk kemudian diperiksa demi menegakkan diagnosa pasien.
     
  3. Oto Accoustic Emission (OAE).
    Merupakan teknik skrining pada bayi untuk mengetahui ada atau tidaknya gangguan pendengaran pada bayi baru lahir. Jika terdeteksi maka bayi harus segera ditangani dengan prosedur rehabilitasi pendengaran termasuk melakukan implan koklea maksimal hingga bayi berusia 6 bulan. Pendengaran pada bayi baru lahir sangat berhubungan dengan kemampuan bicaranya sehingga OAE harus segera dilakukan maksimal pada usia 1 bulan dan mendapatkan penanganan yang tepat sebelum bayi berusia 6 bulan.
     
  4. Utrasonografi 3D.
    USG 3 Dimensi merupakan fasilitas pendukung medis yang penting untuk melihat kondisi organ dalam manusia. USG 3 dimensi bisa dilakukan untuk memantau kesehatan janin, rahim, ginjal, paru-paru, prostat, hati dan lainnya.
     
  5. CT Scan 16 slice.
    Merupakan fasilitas pendukung medis yang dapat memperlihatkan organ dalam secara keseluruhan dengan lebih terpadu dan detail. Dengan CT Scan, pemeriksaan pada seorang pasien lebih cepat dan lebih jeli untuk menemukan penyebab penyakit termasuk adanya sel kanker dan penyumbatan pembuluh darah.
     
    Itulah beberapa fasilitas penunjang medis yang dimiliki oleh rumah sakit Urip Sumoharjo Lampung. Bagi Anda masyarakat Lampung dan Sumatera Selatan yang membutuhkan pelayanan kesehatan lengkap, dapat berkunjung ke poliklinik rawat jalan atau melalui instalasi gawat darurat yang buka 24 jam. Jika tak ingin antri terlalu lama, manfaatkan pendaftaran melalui line telepon yang disediakan.
     
     
This entry was posted in Kesehatan, Tips Trik. Bookmark the permalink.