Penggunaan Tanaman Hias Daun Pada Kolam Ikan

Kolam ikan termasuk elemen yang cukup sering ditemukan pada hunian. Biasanya pemilik akan membuatnya di halaman rumah, ataupun bagian sisi rumah sebagai penunjang rasa nyaman. Konsep ini didukung oleh penelitian yang menunjukkan bahwa kolam ikan di rumah akan membuat suasana lebih nyaman. Sebagai penunjang nilai estetik sering digunakan tanaman hias daun. Apalagi sekarang banyak pilihan produk yang menawarkan jenis tanaman tersebut.

Kolam ikan sendiri bisa dibuat dari berbagai bahan. Namun, bagi Anda yang ingin lebih aman. Gunakanlah semen sebagai bahan dasar. Pasalnya, dia lebih kuat dari pada jenis bangunan lain. Setelah semuanya siap barulah desain kolam dengan air mengalir. Usahkan arus air tetap terjaga. Hal ini untuk menghindari ikan stres dan mudah mati.

Sedangkan untuk pemilihan ikan Anda bisa berkonsultasi pada penjualnya. Pilihlah jenis ikan yang mudah dalam perawatan. Pasalnya, ini akan membuat Anda tidak perlu mengeluarkan anggaran lebih besar. Selanjutnya pastikan hiasan pada kolam ikan tidak mendominasi. Buat ruang untuk ikan bergerak bebas. Tanaman hanya digunakan sebagai bentuk dekorasi.

Sekaligus mempermudah ikan untuk meletakan telur-telurnya. Tentu saja pemilihan tanaman hias tersebut harus sesuai dengan ketentuan. Teratai dan enceng gondok menjadi jenis yang sering digunakan. Sebab, keduanya sangat terkenal akan kemampuannya berada di air. Sedangkan untuk Anda yang ingin tanaman lain bisa juga. Meskipun begitu tetap jangan berlebihan. Anda harus memperhitungkan pula keribetan saat membersihkannya.

Kolam ikan tentu harus dibersihkan beberapa bulan sekali. Hal ini kenapa peletakannya tidak boleh jauh dari jangkauan. Selain untuk menghindari tidak terawatnya kolam ikan. Juga menunjang pemilik untuk melihat perkembangan ikan. Poin yang juga diperhatikan adalah jangkauannya tidak terlalu dekat dari anak kecil. Konsep tersebut sebagai bentuk keamanan dan kenyamanan.

Selanjutnya, tanaman hias daun sebisa mungkin tidak menghalangi gerak ikan. Semakin banyak tanaman yang berikan. Kian membuat ruang gerak ikan sempit sekaligus kesulitan dalam proses pembersihan. Jadi, sudah seharusnya hal-hal semacam itu dikurangi. Nah, berikut ini penjelasan mengenai pemilihan lokasi kolam ikan:

  1. Hindari pohon besar

Ada baiknya kolam ikan tidak dibuat di dekat pohon besar. Hal tersebut selain untuk menghindari kolam kotor oleh daun-daun kering. Juga memastikan air kolam tetap bersih. Metode ini wajib digunakan bagi Anda yang memang ingin berbisnis ikan hias. Meskipun alam luas akan baik untuk ikan. Namun, ketika letak tidak sesuai timbulnya menyulitkan pemilik.

  • Mudah dijangkau

Selanjutnya pilihlah lokasi yang sesuai dengan rumah. Jangan terlalu jauh yang membuat Anda kesulitan dalam menjangkaunya. Sebab, kolam ikan selalu diperhatikan kebersihan dari kolam. Anda juga wajib untuk memperbaiki aliran air dalam kolam. Sebagai tindakan memperbaiki aliran air.

  • Pilih halaman

Halaman rumah termasuk lokasi paling strategis untuk kolam ikan. Di sini tidak terlalu dekat juga tak juah. Sehingga Anda dengan mudah melihat perkembangan dari ikan. Keuntungan tambahannya ialah bisa digunakan sebagai hiasan rumah. Jadi, desain kolam ikan dengan cantik. Tanpa harus membuat banyak biaya untuk perawatannya.

  • Perhatikan jangkauan anak

Kolam ikan selalu menjadi bagian yang menarik perhatian. Bukan hanya orang dewasa juga anak kecil. Itu kenapa buah hati selalu didampingi saat melihat kolam ikan. Jangan sampai karena dianggap tidak berbahaya Anda membiarkannya. Tetap saja anak kecil belum tahu mengenai apa yang tak boleh dilakukan.

This entry was posted in Tips Trik. Bookmark the permalink.