Manfaat dari mengkonsumsi bayam dan resep sayur bayam

Anda mungkin bukan penggemar bayam tetapi lima manfaat luar biasa dari makan bayam ini secara teratur akan meyakinkan Anda untuk menambahkannya ke dalam makanan sehari-hari Anda.Setiap gigitan yang Anda ambil adalah melawan penyakit atau memberi tubuh kalian kekuatan. Pada tahun 90-an bayam dipopulerkan oleh acara kartun terkenal “Popeye – the Sailor Man”, bayam adalah sayuran berdaun hijau dengan nilai gizi tinggi. Secara ilmiah dikenal sebagai Spinacia Oleracea, spianch milik keluarga bayam dan terkait dengan bit dan quinoa. Anda bisa membuatnya mentah dalam salad, dikukus, dicampur dalam sup atau ditumis dengan sayuran lain. Ini adalah bahan yang sangat serbaguna yang dapat digunakan dalam banyak cara. Bayam kaya akan vitamin A, C dan K, magnesium, zat besi dan mangan. Makan sayuran hijau berdaun ini dapat bermanfaat bagi kesehatan mata, mengurangi stres oksidatif dan mengurangi tingkat tekanan darah di antara fungsi kesehatan lainnya. Suka atau tidak suka, bayam jelas merupakan salah satu sayuran yang harus Anda sertakan dalam diet harian Anda. 

 Lima manfaat kesehatan yang luar biasa dari makan bayam secara teratur sebagai bagian dari diet harian Anda: 

  • Memperkuat tulang Anda

Bayam adalah sumber yang kaya akan Vitamin K yang membantu dalam mempromosikan produksi protein yang disebut Osteocalc yang bertanggung jawab untuk menstabilkan kalsium dalam tulang. Selain kaya akan vitamin K, bayam juga merupakan sumber kalsium dan vitamin D, serat makanan, kalium, magnesium dan vitamin C, yang semuanya merupakan nutrisi penting yang baik untuk kesehatan tulang. 

  • Perkuat sistem penglihatan dan kekebalan tubuh Anda

Bayam mengandung beta karoten , zeaxanthin, lutein dan klorofil – yang semuanya bertanggung jawab untuk meningkatkan penglihatan Anda dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Lutein dan zeaxanthin disimpan di makula, yang merupakan bagian dari retina yang bertindak sebagai tabir surya alami, melindungi mata Anda dari sinar yang merusak. Ini juga akan membantu menurunkan risiko degenerasi macula, itulah sebabnya kebanyakan orang disarankan untuk makan lebih banyak sayuran.

  • 3Mengusir bakteri dan virus  

Bayam kaya akan vitamin A yang membantu kulit dan selaput lendir kita untuk mengusir berbagai jenis bakteri dan virus secara efektif. Selain itu, vitamin ini diperlukan untuk produksi sebum agar rambut tetap lembab. Vitamin A baik untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut. Jadi muat lebih banyak sayuran hijau untuk mengurangi risiko rambut rontok dan infeksi.

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, bahwa sayur bayam ini bisa dijadikan aneka olahansalah satunya yaitu adalah sayur bayam. Selain cara membuatnya yang mudah dan rasanya yang enak, sayur bayam ini juga sangat menyehatkan. Ini dia resep sayur bayam yang bisa kalian ikuti resepnya dirumah!

Bahan-bahan yang digunakan:

  • 1 l air
  • 5 siung bawang merah, iris halus
  • 5 cm temu kunci, geprek
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1 buah jagung manis, potong-potong
  • 100 g wortel, iris tipis kira-kira 0,5 cm
  • 300 g bayam, petik daunnya

Cara membuat:

Pertama-tama masukan air, temu kunci, bawang merah, garam dan gula dalam panci. Masak sampai mendidih. Masukan jagung hingga jagung setengah matang. Masukan wortel, masak hingga wortel matang dan empuk. Masukan bayam aduk rata dan masak hingga matang.

This entry was posted in Kesehatan, Tips Trik. Bookmark the permalink.