Ini Cara Menentukan Jenis Fitting Pipa HDPE Yang Tepat Untuk Sambungan

February 21, 2020 0 By Nadine

Tahukah Anda apa itu fitting pipa HDPE? Dalam dunia perpipaan, fitting adalah salah satu komponen bagian dari pemasangan pipa yang berguna untuk menyambung pipa satu dengan yang lainnya. Tanpa adanya fitting atau sambungan ini, pemasangan pipa HDPE akan menjadi sulit dan proses pengaliran air juga tidak dapat berjalan maksimal. Karena itulah penggunaan komponen ini akan selalu dibutuhkan.

Pada dasarnya, pipa HDPE merupakan jenis pipa dengan kualitas yang paling baik bila dibanding dengan jenis pipa yang lain. Pipa dan fitting pipa HDPE memiliki sifat yang elastis dan lentur serta tidak mudah pecah sehingga membuatnya lebih mudah untuk dipasang. Jenis pipa ini bahkan bisa dipasang dengan berbagai macam jenis fitting. Yang mana fitting sendiri berfungsi untuk membelokkan arah pipa pada proses pemasangan.

Nah, untuk menentukan jenis fitting pipa HDPE yang tepat untuk digunakan, berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda perhatikan:

  • Sesuaikan Dengan Ukuran Pipa Yang Digunakan

Untuk pipa ukuran kecil yakni antara ½ hingga 2 inci biasanya digunakan jenis fitting mechanical joint atau proses penyambungan mekanikal. Yang mana untuk pemasangannya bisa langsung diputar kemudian dimasukkan pipa ke dalamnya. Untuk pipa ukuran lebih besar, bisa menggunakan jenis fitting compression joint, injection joint atau segmented joint. Sementara untuk ukuran pipa jumbo, bisa menggunakan jenis fitting segmented dan injection.

  • Tentukan Dengan Menggunakan Mesin

Apabila menggunakan mesin sambungan HDPE maka jenis fitting yang paling tepat untuk digunakan adalah fitting tipe segmented dan injection joint.

  • Jenis Instalasi

Sebelum menentukan fitting, tentukan terlebih dahulu jenis instalasi pipa yang akan dipasang, apakah lurus atau berkelok. Sebab jenis intalasi ini nantinya akan berpengaruh pada pilihan fitting yang diperlukan sesuai kebutuhan. Untuk itu, pastikan Anda memperhatikan juga pemilihan jenis instalasi yang tepat.

Jika dilihat dari penggunaanya, fitting memiliki fungsi utama untuk merubah jalur aliran air, baik itu dalam bentuk menyebarkan (membagi aliran menjadi 2, 3 arah atau lebih), memperbesar atau memperkecil aliran. Penggunaan jenis fitting bisa disesuaikan dan dipilih menurut kebutuhan. Namun sebaiknya, gunakan yang tipe dan kualitasnya sama baiknya seperti pipa dan fitting rucika agar lebih mudah digunakan.

Pemasangan pipa HDPE yang semakin banyak digunakan sekarang ini memang kian mudah dilakukan. Apalagi untuk kebutuhan rumah tangga, pipa jenis ini termasuk yang paling banyak digunakan dengan berbagai kelebihannya. Akan tetapi meskipun begitu, menentukan jenis fitting pipa yang tepat juga penting untuk diperhatikan.