Catat! Begini Cara Ganti Popok yang Benar

Setiap orangtua harus tahu caranya untuk mengganti popok bayi. Anda harus bisa secara mandiri, terutama disaat Anda tidak menggunakan jasa babysitter. Sekalipun kelihatannya mudah, aktivitas ini memerlukan keahlian tinggi loh. Belum lagi jika anak merupakan anak yang aktif. Oleh karena itu Anda bisa belanja Baby Happy karena mayoritas model popoknya adalah celana dan simak informasi berikut ini untuk membantu Anda.

1. Siapkan Perlengkapan

Ada beberapa perlengkapan yang harus disiapkan terlebih dahulu sebelum Anda mengganti popok bayi. Tentu selain menyiapkan popok yang baru, barang-barang ini harus sedia setiap saat. Dengan begitu, Anda bisa langsung siap menggunakan barang ini saat mengganti popok pada situasi dan kondisi yang darurat. Ini dia daftarnya.

●   Kain Lap Lembap

Anda bisa menggunakan kain yang digunakan untuk mengusap pantat bayi. Syaratnya kain tersebut harus sedikit lembap. Caranya, Anda bisa membasahi kain tersebut dengan air. Bisa juga Anda menggunakan tisu basah khusus bayi untuk mengganti popok. Meskipun alat ini bisa Anda pakai, lebih baik lagi jika Anda langsung menggunakan air bersih. Gunakan alat ini pada saat kondisi darurat saja ya.

●  Kain lap Kering

Selanjutnya Anda bisa menggunakan lap atau handuk yang kering. Hal ini untuk memastikan bahwasannya pantat bayi benar-benar sudah kering. Apabila pantat bayi belum kering sepenuhnya, bisa mengakibatkan gatal dan ruam pada pantat maupun selangkangan bayi.

● Krim Bayi

Perlengkapan ini juga wajib ada sebagai pengganti bedak. Bagi Anda yang masih terbiasa menggunakan bedak untuk mencegah kulit bayi kering, ada baiknya Anda mulai mengganti persepsi Anda. Pasalnya, bedak bisa menggumpal terutama pada kondisi lembap sehingga dapat menyebabkan ruam semakin parah dan menjalar. Oleh karena itu Anda bisa menggunakan krim sebagai gantinya.

● Kantong plastik

Perlengkapan selanjutnya yang tidak kalah penting adalah kantong plastik. Kantong plastik ini digunakan untuk membungkus popok bekas pakai anak Anda. Pilihlah kantong plastik yang tidak terlalu transparan sebelum membuang popok bekas ke tempat sampah. Jangan sekali-kali membuang popok tanpa kantong plastik. Hal ini dapat menyebabkan kuman cepat menyebar ke mana-mana.

●  Baju ganti bayi

Terakhir, selalu siapkan juga baju ganti. Hal ini untuk mengantisipasi apabila baju anak mengalami atau terkena cipratan kotoran-kotoran bayi. Jika mampu membawanya ke manapun anak pergi, Anda dapat menyiapkan setidaknya 2 baju ganti. Pasalnya, tingkah laku anak tidak bisa diprediksi.

2. Cara Ganti Popok yang Benar

Anda bisa mengganti popok anak di mana saja dan kapan saja. Namun, pastikan permukaan untuk menempatkan bayi datar dan dialasi dengan kain, plastik, atau matras lainnya. Apabila semua tempat dan perlengkapan telah siap, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Anda harus mencuci tangan hingga bersih dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir. Selanjutnya Anda bisa mengeringkan tangan hingga benar-benar kering dengan handuk bersih. Anda juga bisa menggunakan hand sanitizer apabila Anda tidak menemukan air di sekitar Anda.
  • Lepaskan baju bayi, untuk memudahkan Anda memasang popok. Hal ini juga bisa menghindarkan baju dari cipratan kotoran. Jika sudah, Anda bisa membaringkan bayi di atas permukaan yang rata, lembut, dan aman tadi.
  • Lepaskan popok dengan membuka perekat atau sobek pada bagian samping jika memakai model celana. Kemudian Anda bisa lipat kembali perekat tersebut agar tidak menempel di kulit anak di popok tersebut. Selanjutnya Anda bisa memegang kedua pergelangan kaki dan angkat pantatnya secara perlahan agar Anda bisa menarik popok yang kotor.
  • Ambil bagian depan popok dengan cepat kemudian lipat hingga menutupi bagian yang kotor dan selipkan di bawah pantat anak. Ambil dengan segera tisu basah atau kain lap lembap lalu bersihkan daerah kelamin dan sekitarnya dengan mengusap perlahan dari depan ke belakang. Lakukan dengan sekali usap saja.
  • Apabila anak sudah mulai besar dan bisa diajak ke kamar mandi, lebih baik menggunakan air mengalir langsung. Jangan lupa bersihkan juga pada sela-sela lipatan kulit selangkangan bayi dan pastikan area kelamin telah benar-benar bersih dari kotoran maupun dari urin. Apabila telah bersih, Anda bisa menepuk-nepuk kulit bayi hingga kering dengan kain bersih.
  • Selanjutnya Anda bisa mengoleskan sedikit krim bayi secara merata untuk melindungi pantat bayi dari ruam popok. Pakaikan popok bersih di bawah pantat bayi dan geser ke arah pinggang. Pastikan Anda kencangkan perekat dengan tepat. Jangan terlalu ketat agar anak tetap terasa nyaman. Cirinya Anda dapat memasukan dua jari di antara popok dan pinggang bayi untuk menandakan perekat telah melekat dengan tepat dan tidak ketat.
  • Lipat dan rekatkan dengan kuat popok yang kotor agar isinya tidak tumpah. Masukkan ke dalam kantong plastik yang telah disediakan sebelumnya lalu buang ke tempat sampah. Namun sebelumnya, Anda harus menempatkan anak di tempat yang aman terlebih dulu agar Anda dapat membuang popok bekas dan cuci tangan setelahnya dengan air mengalir dan sabun.

Itulah beberapa informasi perlengkapan dan cara mengganti popok dengan benar. Pastikan Anda memilih popok yang tepat sesuai dengan berat badan anak. Salah satunya Anda bisa belanja Baby Happy di marketplace Orami. Ada banyak pilihan dan jenis yang bisa Anda bawa pulang untuk anak.

This entry was posted in Kesehatan. Bookmark the permalink.